Friday, 27 January 2023

Friday, 27 January 2023

PKS Pilih Tetap Nomor Urut 8 untuk Pemilu 2024

Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi.

JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Keadilan Sejahtera Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan,  pihaknya tetap memilih nomor urut 8 untuk Pemilu 2024. Nomor urut itu sama dengan nomor urut PKS pada Pemilu 2019.

“PKS lebih sepakat dengan pilihan bisa tetap menggunakan nomor urut sesuai Pemilu 2019, yaitu untuk PKS tetap nomor urut 8,” ujar Aboe dalam keterangan kepada wartawan, Rabu (14/12).

Seperti diketahui berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Pemilu yang terbit 13 Desember 2022, partai politik peserta Pemilu 2019 diberi keleluasaan memilih nomor lama atau mengikuti undian untuk menentukan nomor baru.

Aboe berpandangan, menggunakan nomor urut lama lebih baik karena memperkuat citra dan ingatan publik pada PKS.

“Ini konstruktif memberikan pendidikan politik ke masyarakat, yaitu membangun party ID, memperkuat kedekatan masyarakat dengan partai politik,” kata Aboe.

Di sisi lain, Aboe mengapresiasi langkah pemerintah yang mengeluarkan Perppu Pemilu sebagai pengganti Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Ia menilai kebijakan itu menunjukan keseriusan pemerintah untuk menggelar Pemilu 2024.

 “Pelaksanaan Pemilu semakin jelas dan pasti. Ini menunjukan sikap pemerintah yang menunjung tinggi konstitusi kita,” ujarnya. Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024, Rabu (14/12). Selain itu KPU juga bakal mengumumkan dan mengundi nomor urut parpol untuk kontestasi elektoral mendatang. Tahapan itu sudah ditentukan berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang tahapan pelaksanaan Pemilu 2024. ***

Admin

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media