Friday, 24 May 2024

Search

Friday, 24 May 2024

Search

Pemkot Serang Waspadai Kenaikan Harga Bawang Merah

SERANG- Kenaikan komoditas kebutuhan pokok, khususnya di bawang merah, turut menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Serang.

Pj Walikota Serang, Yedi Rahmat mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi terkait inflasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, dibenarkan bahwa terjadi kenaikan harga di pasar pada sejumlah komoditas. Bawang merah dan cabai disebut menjadi dua komoditas yang paling tinggi kenaikannya.

“Apa yang disampaikan Bapak Menteri di sana bahwa sekarang yang naik tinggi cabai merah dan bawang merah,” kata Yedi, Jumat (26/4).

Yedi mengaku, saat ini stok ketersediaan bawang merah dan cabai di Kota Serang terbilang aman. Hanya saja, harganya kini cenderung meningkat.

“Kondisi perdagangan di Kota Serang, stok sih aman ya. Namun harga tinggi dikarenakan mungkin pasokan yang tersendat,” katanya.

Terlebih menurutnya, petani di daerah penghasil bawang merah yaitu Brebes, disebut sedang mengalami gagal panen akibat terjadinya banjir beberapa waktu lalu.

Perlu diketahui, berdasarkan pantauan di Pasar Induk Rau (PIR) Kota Serang, harga bawang merah per kilogram mencapai Rp80 ribu. Padahal sebelum terjadi kenaikan, harga bawang merah hanya berkisar Rp30 ribu sampai Rp35 ribu per kilogramnya. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media