Friday, 24 May 2024

Search

Friday, 24 May 2024

Search

Perhimpunan INTI dan GEMA INTI Jembatani Kerja Sama China International Youth Exchange Center dengan Kemenpora

Foto bersama di depan Graha Pemuda Kemenpora.

JAKARTA—Perhimpunan INTI (Indonesia Tionghoa) dan GEMA INTI (Generasi Muda INTI) menjembatani pertemuan kerjasama antara CIYEC (China International Youth Exchange Center) dengan Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) RI pada Selasa (23/4) siang di Ruang Rapat Lantai 5 Graha Pemuda, Senayan, Jakarta.

Ketua Gema INTI Pusat Ketut Rendy Setiawan, Director CIYEC Mr. Zhang Hua, dan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Raden Isnanta.

         Sekjen INTI Candra Jap dan Ketua GEMA INTI Pusat Ketut Rendy Setiawan memimpin langsung kunjungan delegasi CIYEC ke Kemenpora.

         Hadir pula Wakil Sekjen INTI Cakra Putra, Ketua Bidang Entrepreneurs GEMA INTI Anto Yap, Alumni Beasiswa CGS-INTI Yovandra, dan Woro Januarti selaku penerjemah. Sementara delegasi CIYEC yang berjumlah 18 orang, dipimpin langsung oleh sang Direktur Mr. Zhang Hua.

Raden Isnanta berharap agar dilakukan penandatanganan kerjasama di Tiongkok nanti.

         Pada pertemuan itu, Direktur Zhang Hua menyampaikan kedatangannya adalah untuk memberikan langsung undangan event besar All China Youth pada bulan Agustus di Beijing kepada Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga) Dito Ariotedjo.

         “Kami berharap pak Menpora bisa datang ke China serta membawa tokoh-tokoh pemuda Indonesia berpengaruh untuk berkenalan serta menjalin hubungan kerjasama yang lebih erat dengan pemuda China,” kata Zhang.

Delegasi INTI sebagai perwakilan Indonesia dalam “China-ASEAN Young Entrepreneurs Economic and Trade Cooperation Fair” pada 20-23 Sept 2023 lalu di Zhaoqing, Tiongkok.

         Sedangkan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Raden Isnanta yang mewakili Menpora menerima kedatangan delegasi, menyampaikan terima kasih atas kedatangan delegasi CIYEC yang juga mengantarkan langsung undangan acara untuk Menpora.

         “Kami dan pak Menteri tentu berharap pada pertemuan nanti di China bisa dilaksanakan penandatangan perjanjian kerjasama antara CIYEC dan Kemenpora dalam hal pemberian beasiswa kuliah dan kesempatan magang di China untuk pemuda Indonesia,” kata Isnanta.

Sekjen INTI Candra Jap menyambut baik kunjungan delegasi CIYEC ke Sekretariat INTI.

         Sebelumnya, Staf Khusus Menpora Bidang Percepatan Inovasi Pemuda dan Olahraga Hasintya Saraswati menyampaikan permohonan maaf dari Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

         “Mas Menteri berhalangan hadir karena harus terbang ke Qatar mendukung tim nasional sepak bola Indonesia yang bertanding melawan Yordania di Piala Asia U-23,” kata Hasintya.

         Adapun pada keesokan hari, delegasi CIYEC berkunjung ke Sekretariat INTI di MGK Kemayoran Jakarta, bertemu dengan pengurus INTI dan GEMA INTI serta delegasi berbagai organisasi pemuda Tionghoa di Indonesia.

Tampak hadir IPTI (Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia) yang dipimpin oleh Ardy Susanto, Putra Putri Hakka Indonesia dan Muda Mudi Meizhou Indonesia yang dipimpin oleh Angga Pramana Jaya, Pemuda Teochew Indonesia yang dipimpin oleh Wisnu Wijaya Putra, dan Pemuda Huang Indonesia yang dipimpin oleh Erlen Wijaya.

         Dalam kesempatan tersebut, Ketua GEMA INTI Pusat Ketut Rendy Setiawan mendorong agar delegasi pemuda Tionghoa Indonesia dan CIYEC yang hadir dapat memanfaatkan pertemuan ini untuk saling bekerjasama dalam bidang bisnis dan budaya.

Sekjen INTI dan Direktur CIYEC bertukar cinderamata.

         “Sebagai generasi muda, kita harus saling mendukung satu sama lain. Paling mudah dengan saling bertukar kontak wechat sehingga komunikasi dan hubungan baik bisa terus terjaga,” kata Rendy.

         Di lain pihak, Sekjen INTI Candra Jap menyampaikan kunjungan ini merupakan tindaklanjut dari acara “China-ASEAN Young Entrepreneurs Economic and Trade Cooperation Fair” yang diadakan oleh CIYEC pada Sept 2023 lalu di Zhaoqing, China.

         “Saat itu INTI hadir sebagai perwakilan Indonesia membawa pengusaha muda sekaligus mempromosikan berbagai produk UMKM unggulan. Dan mereka mengapresiasi sekali kedatangan kita,” kata Candra. ***

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media