Friday, 27 January 2023

Friday, 27 January 2023

Derby Manchester Bakal Panas di Old Trafford

MANCHESTER –  Liga Inggrispekan inibakal diramaikan dengan derby Manchester, mempertemukan Manchester United (MU)  kontra Manchester City. Laga berlangsung di Stadion Old Trafford, Sabtu (14/1) pukul 19.30 WIB.

Lagadiprediksi bakal seru dan menarik jika melihat rekor masing-masing kubu. Manchester City kerap mendominasi Derby Manchester akhir-akhir ini. Pada putaran pertama EPL 2022/2023, tim besutan Pep Guardiola menggasak sang rival sekota dengan skor 6-3.

Kini, MU yang berperan sebagai tuan rumah, dalam tren positif setelah meraup hasil sempurna dalam 8 penampilan teraktual di ajang resmi. MU bahkan konsisten bermain agresif pada 3 laga terakhir.

Mereka sudah mencetak 9 gol dalam tiga pertandingan itu.  Usai menggasak 3-0 atas Bournemouth di EPL, MU menumbangkan Everton 3-1 di Piala FA dan kembali menang 3-0 saat menjamu Charlton di Carabao Cup.

Bagi pelatih MU, Erik ten Hag, laga derby  ini adalah yang kedua kalinya. Di derby pertama, Ten Hag tak berkutik melawan strategi Pep Guardiola.

Ten Hag kini berpeluang melakukan balas dendam terhadap tim tamu. Dia pun menegaskan tidak ingin mengulang kegagalan. “Jika kami bermain seperti itu lagi (kalah 3-6),  tentu tidak memiliki peluang. Kami harus memiliki tim yang bagus, kerja sama yang tepat, dan antisipasi tepat di atas lapangan. Kami butuh mental  sebagai pemenang di laga nanti,” ujar Erik ten Hag di situs klub.

Selain rekor sempurna dalam 8 laga paling anyar, MU hanya kebobolan 2 kali di 6 pertandingannya yang terkini. Dalam 6 laga tersebut, United bahkan mencetak 15 gol. Di lini depan, Marcus Rashford menjadi salah satu kunci kemenangan dengan selalu melesakkan gol setelah jeda Piala Dunia 2022 (6 pertandingan).

Rashford sendiri antusias jelang laga tersebut. Ia mengatakan, laga nanti bakal berjalang seru. “Saya tak sabar menyambut laga tersebut.  Tapi bakal tidak mudah. Manchester City sangat kuat. Yang bisa kami lakukan adalah tampil dengan kemampuan terbaik,” ujarnya di situs klub.

Sementara di pihak lawan,  mereka sempat tumbang pada laga terakhir sebelum berkunjung ke kandang MU. Jack Grealish dan kawan-kawan kalah 0-2 dari Southampton di Piala Liga Inggris 2023 (Carabao Cup) sehingga gagal lolos ke semifinal.

Kendati demikian, torehan negatif itu diyakini tidak mengurangi kekuatan City. Kembalinya Erling Haaland, yang disimpan ketika Man City melawan Southampton, berpotensi kembali mempertajam lini depan pasukan Guardiola.

Guardiola sendiri betul-betul mewaspadai performa MU yang tengah menanjak,  bahkan mengisyaratkan timnya bakal menggunakan taktik khusus untuk meredam sang lawan.

“Saya punya beberapa ide, pemikiran yang cukup konyol saat melawan United nanti. tapi bagaimanapun juga saya tidak menonton pertandingan terakhir mereka,” kata Guardiola dilansir dari laman resmi klub.

City tentu bakal mengincar kemenangan lagi demi mempertahankan posisi runner-up. Sang juara bertahan ini juga memiliki kans untuk semakin mendekati Arsenal. Kini, City masih tertinggal lima angka dari sang pemuncak klasemen tersebut.

Erling Haaland tentu bakal menjadi momok untuk lini belakang MU. Striker asal Norwegia pernah tiga kali membobol gawang David de Gea.

MU dan City sudah 51 kali berduel di Premier League. MU unggul dengan 24 kemenangan berbanding 18 kemenangan milik City.

Meski demikian, City cukup dominan dalam beberapa pertemuan terakhir. The Citizens selalu menang atas MU dalam tiga duel terakhir di Premier League.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media