Friday, 27 January 2023

Friday, 27 January 2023

Bertemu Paguyuban Delman, Pemkot Jakpus: Jaga Kebersihan Monas dari Kotoran Kuda

Pemkot Jakarta Pusat meminta kusir delman untuk menjaga kebersihan Monas.

JAKARTA- Pemkot Jakarta Pusat meminta kusir delman untuk menjaga kebersihan Kawasan Monas atau di Jalan Medan Merdeka, Gambir, Jakarta Pusat dari kotoran kuda. Hal itu ditekankan dalam dialog pemerintah bersama paguyuban kusir delman, Senin (9/1).

Plt Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin mengatakan, selain menjaga kebersihan terkait keberadaan delman perlu juga diperhatikan perihal kesehatan kuda dan kelaikan gerobak atau delman pengangkut wisatawan. ”Si kudanya di Monas harus memenuhi ketentuan yang berlaku tentu diatur dengan adanya surat keterangan sehat hewan maupun dalam bentuk lainnya yang bisa diperlihatkan kepada masyarakat. Kusir sama kudanya harus sehat,” kata Iqbal.

”Delman atau gerobaknya juga harus memenuhi ketentuan keselamatan pengemudi, baik itu dari spesifikasi kendaraan, gerobak dan lain-lain. Ada UKPD terkait yang berwenang untuk memastikan bahwa delman laik fungsi dinaiki oleh masyarakat,” tambahnya.

Iqbal menegaskan kegiatan ini bukan pelarangan pengoperasian delman di kawasan Monas melainkan sebuah pengaturan.

Delman dapat beroperasi Sabtu-Minggu dan hari libur untuk melayani wisatawan lokal maupun mancanegara nantinya. Menurutnya, di ruas jalan Medan Merdeka, Sudirman-Thamrin ada beberapa pengaturan yang melekat di sepanjang jalur tersebut terkait dengan pemanfaatan fasilitas jalan dan umum lainnya seperti pengaturan ganjil-genap untuk kendaraan roda empat.

Kemudian penyeberangan jalan khusus untuk pejalan kaki serta jalur khusus untuk sepeda, sehingga delman pun perlu dilakukan pengaturan.

”Delman diatur di seputaran Monas, Medan Merdeka pada Sabtu dan Minggu,” ungkapnya.

”Ini untuk menunjang lokasi Monas sebagai tujuan wisata baik penduduk Jakarta atau pun luar. Dan itu kami berikan kesempatan warga Jakarta memanfaatkan delman pada hari Sabtu dan Minggu, dan hari libur,” lanjutnya. Sebelumnya,larangan beroperasi delman membuat sejumlah kusir mengeluh terancam kehilangan penghasilan. Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan bahwa delman masih dapat beroperasi pada Sabtu dan Minggu. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media