Wednesday, 08 February 2023

Wednesday, 08 February 2023

Arsenal Kian Kokoh di Puncak Klasemen

Bukayo Saka (kanan) berebut bola dengan pemain West Ham United.

LONDON  – Arsenal sanggup bangkit dari ketinggalan guna mengalahkan West Ham United 3-1 dalam boxing day Liga Inggris musim ini.  Laga kedua tim berlangsung di Emirates Stadium, Selasa (27/12) dinihari WIB.

Arsenal tertinggal lebih dulu di babak pertama lewat penalti Siad Benrahma pada menit ke-27. Namun di babak kedua, tim asuhan Mikel Arteta berbalik unggul, lewat  gol Bukayo Saka di menit ke-53, kemudian disusul gol dari Gabriel Martinelli (59′) dan Eddie Nketiah (69′).

Arsenal tampil mendominasi. Tuan rumah catatkan 67 persen penguasaan bola berbanding 33 persen, serta lepas tembakan lebih banyak 16 berbanding delapan.

Hasil ini memantapkan The Gunners  di urutan teratas klasemen sementara Premier League dengan 40 poin dari 15 laga. Sedangkan West Ham menempati posisi 16 dengan 14 poin dari 16 pertandingan.

Manajer The Gunners, Mikel Arteta memuji mentalitas skuad asuhannya yang terus berupaya bangkit hingga akhirnya berhasil. “Saya senang dengan hasil yang kami raih dan juga performa yang kami tampilkan, sebab saya pikir kami pantas memenangkan laga ini,” ujar Arteta kepada BBC.

Ia menegaskan, skuadnya tidak panik setelah tertinggal dari lawan.  “(Kami kebobolan) karena satu aksi dari lawan, kami tidak bertahan dengan baik terhadap direct play mereka, dan wasit pun mengambil keputusan. Kami menunjukkan ketenangan dan tak panik, serta melakukan apa yang diperlukan untuk menang. Kami mencetak gol di waktu yang tepat dan suporter begitu luar biasa, juga saat kami kebobolan. Mereka terus percaya pada kami,” jelas pelatih asal Spanyol itu.

Yang menarik Arsene Wenger hadir di Emirates Stadium. Mikel Arteta, rupanya mengetahui kehadiran Wenger di tribun. Dia berterima kasih kepada mantan pelatihnya itu dan berharap sang mentor lebih banyak hadir menonton timnya di Emirates Stadium.

“Kehadirannya adalah sesuatu yang harus sangat, sangat melekat pada klub sepak bola ini, jadi terima kasih (kepadanya) untuk itu karena ini sangat berarti bagi semua orang di klub.  Mudah-mudahan dia bersedia menghabiskan lebih banyak waktu dengan kami dan berada di sekitar kami karena dia sangat berpengaruh,” kata Arteta, dilansir dari BBC.

Bagi Bukayo Saka,  kemenangan timnya sangatlah penting. “Pada babak kedua, kami jauh lebih baik. Anda bisa melihatnya pada tiga gol yang tercipta. Kami semua tahu berapa pentingnya laga ini dan kami fokus pada tujuan yang sama untuk terus menang pada setiap pertandingan dan rasanya spesial bisa kembali di sini di depan semua supporter,” kata Saka di Amazon.

Dalam catatan TalkSport, Arsenal sudah melakukan comeback sebanyak delapan kali di Premier League. Sementara torehan buruk dibukukan oleh David Moyes. Dia sudah menelan 15 kekalahan dari Arsenal pada laga tandang, menyamai rekor Harry Redknapp sebagai kekalahan tandang melawan satu tim di Premier League.

Sementara penggawa West Ham, Declan Rice mengakui, timnya benar-benar kesulitan menghadapi permainan cantik Arsenal.  “Ini sulit. Di babak pertama kami tidak memiliki banyak penguasaan bola, tetapi kami menghentikan mereka dan kami memiliki rencana. Ini seperti Manchester City, pada akhirnya salah satu peluang mereka akan terjadi dengan permainan sepakbola mereka yang mengalir bebas. Mereka membekap kami di seluruh lapangan,” kata Rice dinukil dari BBC Internasional.

Gelandang berusia 23 tahun itu pun yakin Arsenal mampu memenangkan gelar Liga Inggris 2022-2023. Sebab menurutnya, The Gunners mampu menampilkan permainan konsisten dengan para pemain mudanya.

“100 persen (Arsenal memenangkan Liga Inggris 2022-2023). Mereka adalah tim papan atas, Anda dapat melihat mereka dilatih dengan sangat baik. Mereka memiliki skuat muda dengan bakat menyerang dan dapat terus maju, itu sudah pasti,” kata Rice.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media