Saturday, 13 July 2024

Search

Saturday, 13 July 2024

Search

Sindir Kasus Asabri hingga Indosurya: Jokowi: Rakyat Hanya Minta Duitnya Balik

residen Joko Widodo (Jokowi).

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti sejumlah kasus terkait industri jasa keuangan yang terjadi belakangan ini, termasuk kasus Asabri, Jiwasraya hingga Indosurya.

Hal ini disampaikan Kepala Negara saat memberikan kata sambutan pada pertemuan Industri Jasa Keuangan Tahun 2023, Senin (6/2).

“Saya minta betul-betul urusan asuransi utamanya pinjol, investasi diliat betul. Jangan sampe kejadian yang sudah-sudah Asabri, Jiwasraya Rp17 triliun, Rp23 triliun. Ada lagi Indosurya, ada lagi Wanaartha. Sampe hapal saya itu karena baca. (Juga) Unit link,” kata Jokowi, dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (6/2).

Jokowi mengaku sudah banyak mendapatkan keluhan masyarakat terkait beberapa kasus tersebut. Menurutnya, masyarakat hanya meminta uangnya kembali.

“Ini harus mikro-mikro satu-satu diikuti karena rakyat, yang nangis itu rakyat. Rakyat itu hanya minta satu duit saya balik, uang saya balik. Karena waktu saya ke Tanah Abang ada yang nangis-nangis cerita juga kena itu,” kata Jokowi.

“Waktu di imlek juga sama nangis-nangis itu juga. Di Surabaya nangis-nangis itu juga. Hati-hati semuanya yang namanya pengawasan harus lebih diintensifkan,” kata Jokowi mewanti-wanti.

Selain itu, pelaporan keluhan terhadap kasus jasa keuangan hingga saat ini belum juga tuntas. Maka dari itu, dirinya mengingatkan pentingnya kepercayaan terhadap masyarakat. “Sering pelaporan keluhan, pelaporan keluhan sudah tahun 2020 sampe sekarang tahun 2023 juga belum tuntas. Gini-gini hati-hati yang kita bangun adalah trust. Kalo sudah kehilangan itu sulit membangun kembali. Saya yakin OJK yang sekarang bisa,” katanya. ***

Osmar Siahaan

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media