Monday, 04 March 2024

Search

Monday, 04 March 2024

Search

MU Melaju Ke Perempatfinal Liga Europa

Marcus Rashford (kanan) disambut ketiga rekannya usai mencetak gol ke gawang Real Betis.

SEVILLA – Manchester United (MU) lolos ke perempatfinal Liga Europa usai menyingkirkan Real Betis. MU memantapkan langkahnya lewat kemenangan 1-0  di kandang Betis. Dengan demikian MU unggul agregat 5-1.

Dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Europa di Estadio Benito Villamarin, Jumat (17/3) dinihari WIB itu,  Setan Merah mencetak gol lewat Marcus Rashford pada menit ke-55.

Pelatih MU, Erik Ten Hag memberikan pujian bagi anak asuhnya. Kemenangan ini disebutnya sebagai referensi bagi MU yang ingin melanjutkan tren kemajuan musim ini. “Saya pikir semua pemain melakukannya dengan sangat baik. Saya senang, kami menyukai tantangan. Ini (Real Betis) adalah tim yang bagus, kami telah melihatnya melawan Real Madrid dan Barcelona. Kami mengalahkan mereka dua, jadi saya pikir kami tampil sangat baik,” kata Ten Hag dikutip dari BBC.

Meskipun puas, Ten Hag mengaku sedikit menyayangkan MU tak mampu unggul di babak pertama. Padahal ia merasa timnya punya peluang besar untuk unggul di babak pertama.

Di babak pertama MU memang tidak mendapatkan banyak peluang. Namun mereka mampu bertahan dengan baik dari serangan Real Betis yang mengincar defisit tiga gol di kandang.

“Saya pikir kami bisa saja memimpin tetapi beberapa momen dalam pertahanan dan transisi pertahanan mereka bisa dipatahkan. Kami harus menghindari itu untuk lebih mengontrol bola, dan menggunakan beban berlebih di lini tengah,” ujar Ten Hag

Sementara bagi Marcus Rashford,  ia kini menempati posisi keenam di daftar top skor MU di kompetisi Eropa dengan 25 gol. Dia menggusur Ronaldo yang bikin 24 gol di kompetisi Eropa selama berseragam MU.

Ten Hag memuji Rashford setelah sempat menyia-nyiakan peluang bagus. “Tim menciptakan beberapa peluang. Rashford punya beberapa peluang sebelumnya dan dia melewatkannya, tapi dia tetap percaya, dia terus mencoba, dan akhirnya dapat imbalannya. Semua striker bagus tahu bahwa Anda tidak akan dapat gol dari setiap peluang tapi di level ini, Anda tidak akan menciptakan lima atau enam peluang dalam satu pertandingan jadi satu dari dua harus masuk,” ujar Ten Hag.

Rashford kini sudah mencetak 19 gol dalam 24 pertandingan usai Piala Dunia 2022. Pemain berusia 25 tahun itu total sudah mengemas 30 gol musim ini. “Performanya menunjukkan sesuatu soal performa tim. Itu menunjukkan sesuatu tentangnya. Kalau dia tetap fokus, dan memastikan punya energi, cara, dan cara dia harus main dalam sistem dan gaya itu, dia akan sampai ke posisi mencetak gol dan kemudian ini soal dirinya, dia punya kemampuan untuk menuntaskan (peluang),”  tandas Ten Hag.

Dikutip dari Squawka, Rashford resmi menggoreskan rekor spesial sebagai pemain termuda yang mengoleksi 23 gol di kompetisi besar Eropa untuk Manchester United.  Dia juga menjadi pemain termuda  Inggris yang mencetak 25 gol pada turnamen utama Eropa. 

“Kami sudah melewati tantangan berat dan  kini melihat ke depan. Kami sudah menampilkan apa yang kami miliki. Masih ada banyak laga di depan, maka pantang untuk berpuas diri. Trofi adalah tujuan kami semua,” kata Rashford di situs klub.

Casemiro tampil sangat bagus di laga itu. Casemiro membuat Setan Merah bakal sangat merindukannya karena akan absen pada empat laga domestik ke depan, karena hukuman kartu

Di laga melawan Betis, pemain asal Brasil sangat dominan di lini tengah United. Bahkan, tidak berlebihan jika menobatkan Casemiro sebagai salah satu penampil terbaik.

Dengan hasil ini, delapan tim yang lolos ke perempatfinal adalah  Union Saint-Gilloise (Belgia), Manchester United (Inggris), Bayer Leverkusen (Jerman), Juventus (Italia), AS Roma (Italia), Feyenoord (Belanda), Sevilla (Spanyol) dan Sporting CP (Portugal).

Pertandingan leg pertama perempatfinal akan dimainkan 13 April dan leg kedua pada 20 April.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media