Friday, 24 May 2024

Search

Friday, 24 May 2024

Search

Kepercayaan Diri Tim Garuda Muda Kian Tinggi

Selebrasi pemain Timnas Indonesia usai menyingkirkan Korea Selatan.

DOHA – Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 usai menyingkirkan Korea Selatan. Bermain di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (26/4) dinihari WIB, Garuda Muda menang tos-tosan 11-10, usai berimbang 2-2 dalam 120 menit.

Dua gol Indonesia dicetak Rafael Struick di menit ke-15 dan 45+3. Sementara Korea mendapat gol lewat bunuh diri Komang Teguh di menit 45 dan gol Jeong Sang-bin di menit ke-84.

Skor imbang kemudian berlanjut sampai babak tambahan selesai. Dan Indonesia keluar menjadi pemenang dalam tos-tosan, usai Ernando Ari Sutaryadi menepis dua penendang Korea, Kang Sang-yoon dan Lee Kang-hee.

Pelatih Shin Tae-yong percaya diri, anak asuhnya mampu bersaing dengan tim manapun. “Saya sudah bersama banyak dari pemain ini selama hampir empat tahun, dan saya punya ide yang jelas tentang seperti apa mereka itu. Saya merasa kami bisa sukses di sini selama saya bisa memotivasi mereka,” kata Shin Tae-yong dilansir Yonhap.

Ia menyampaikan timnya punya rasa percaya diri yang tinggi. “Saya bilang kepada pemain, ‘Tidak ada yang boleh mengatakan bahwa kita tidak bisa memenangi turnamen ini. Saya kira kami cukup bagus untuk mencapai final, dan kalian semua hanya harus percaya kepada saya dan mengikuti instruksi saya. Kami sudah tiba sejauh ini karena saya telah menanamkan rasa percaya diri pada para pemain ini. Saya merasa kami bisa melawan siapapun,” lugas pelatih berusia 53 tahun itu.

Walau menang, Shin Tae-yong sempat memperlihatkan ekspresi sendu. Ia cuma mengepalkan tangannya, kemudian menyalami beberapa stafnya, tanpa ekspresi gembira. Pelatih 53 tahun itu kemudian menghampiri bench pemain Korea.

Ia menyalami pemain dan staf lawan, yang notabenenya kompatriotnya. Shin Tae-yong menyingkirkan negara sendiri untuk membawa Indonesia mencetak sejarah.

“Saya sangat senang, dan bahagia, namun di sisi lain, ini sangat menyedihkan. Pemenangnya harus ditentukan, dan sekarang saya bertanggung jawab atas tim Indonesia. Saya harus melakukan yang terbaik buat Indonesia,” kata Shin Tae-yong

Ernando Ari Sutaryadi mampu menepis dua tembakan Korsel saat adu penalti. Namun sang kiper, sepertinya menolak disebut sebagai pahlawan.

Ada momen ketika Erick Thihir berbincang dengan Ernando. Tidak terdengar jelas apa perbincangan di antara keduanya, tapi ada gestur dari Ernando yang menolak dan bilang ‘semua, semua pak’.

Setelah itu, Erick Thohir menyalami semua pemain. Timnas Indonesia U-23 pun menjaga asa untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024 dengan sudah menapaki semifinal Piala Asia U-23.

Sementara Rafael Struick, ia memang  bertekad membawa Indonesia lolos ke Olimpiade 2024 di Paris. Tim Garuda selangkah lagi amankan tiket ke Paris usai ke semifinal Piala Asia U-23.

Juara, runner up, dan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024 bakal lolos ke Olimpiade 2024. Sementara, peringkat keempat harus menjalani laga play-off melawan Guinea demi satu tiket ke Paris

Struick yang tampil menawan di laga melawan Korsel begitu bergembira merayakan kemenangan Indonesia selepas laga. Dalam sebuah video yang diunggah Instagram Timnas Indonesia, Struick bersama dengan Nathan Tjoe-A-On dan Ivar Jenner bertekad membawa Indonesia lolos ke Paris dan menciptakan sejarah. Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada para suporter yang terus memberikan suntikan semangat ke Tim Garuda.

“(Kami memang) alasannya kami adalah sebuah tim. Lihatlah semua fans ini, saya pikir ada 5 ribu, mungkin ada 10 ribu fans Indonesia. Kami terus berjuang selama 120 menit, ya itu alasannya,” kata Struick di tayangan televisi.

Hanya saying Rafael tak bisa bermain saat Timnas Indonesia menjalani semifinal karena menjalani hukuman akumulasi kartu.

Di pihak Korsel, asisten pelatih Myung Jae-yong memberikan komentar. “Anda harus beruntung dalam adu penalti, dan kami tidak beruntung di pihak kami malam ini. Kami mempunya beberapa pemain yang cedera atau tidak dalam kondisi 100 persen. Akan sulit bagi kamu untuk mencetak gol penentu kemenangan di perpanjangan waktu, kecuali kami mencetak gol melalui bola mati atau serangan balik,” kata Myung dilansir dari Yonhap News Agency. Semifinal Piala Asia U-23 2024 akan digelar pada 29 April.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media