Wednesday, 08 February 2023

Wednesday, 08 February 2023

Manchester City Memangsa Leeds United

Sukacita pemain Manchester City usai Erling Haaland mencetak gol ke gawang Leeds United.

LEEDS –  Manchester City meraih poin sempurna di markas Leeds United dalam Boxing Day Premier League, yang berlangsung di Elland Road, Kamis (29/12) dinihari WIB.

The Citizens unggul 1-0 di babak pertama lewat gol Rodri. Man City menambah gol di babak kedua lewat brace Erling Haaland. Leeds hanya bisa membalas satu gol melalui Pascal Struijk. Skor 3-1 pun menjadi milik Manchester City.

Dengan dua gol tersebut, Haaland makin mantap di puncak top skor Premier League dengan 20 gol. Haaland juga bikin rekor.

Dilansir Opta, Haaland merupakan pemain yang paling cepat mencapai 20 gol di Premier League. Eks pemain Borussia Dortmund itu hanya butuh 14 pertandingan untuk mencapainya, jauh di atas rekor eks pemain Sunderland Kevin Phillips yang butuh 21 laga.

Secara keseluruhan, Haaland sudah mencetak 26 gol dalam 20 pertandingan selama dilatih Pep Guardiola. Catatan tersebut juga jadi rekor. Pemain berusia 22 tahun itu bahkan melampaui Lionel Messi yang butuh 28 pertandingan untuk mencetak 25 gol saat dilatih Guardiola.

Menonton Piala Dunia 2022 diakui Haaland bikin dirinya kesal. Itu jadi bahan bakar untuknya agar lebih tajam. “Saya di rumah saja, sedikit marah karena tidak ikut Piala Dunia. Saya mengisi ulang baterai saya.  Menonton orang lain mencetak gol agar bisa menang di Piala Dunia membuat saya terpacu, termotivasi dan kesal. Saya jadi lebih lapar dan lebih siap,” ujar Haaland kepada Amazon Prime Video.

Haaland punya target pribadi soal jumlah gol yang ingin dia capai, namun, merahasiakannya. “Saya punya target, tapi saya tidak bisa bilang. Saya cuma mengatakannya di ruang ganti bahwa saya bisa saja mencetak lima gol tapi yang paling penting adalah kami menang,” kata Haaland.

City akan terus memburu Arsenal dalam perebutan gelar juara. Haaland pun memperingatkan Arsenal bahwa   timnya tidak akan berhenti mengejar The Gunners demi trofi Premier League.

“Kami melihat Arsenal sekarang ada di puncak dan kami harus memburu mereka. Buat saya, sebagai seorang striker, saya harus mencetak lebih banyak gol. Saya bisa saja mencetak beberapa gol lagi, tapi begitulah hidup dan saya harus lebih banyak berlatih,” ujar Haaland.

Manajer Manchester City Pep Guardiola  bercanda tak sepenuhnya puas dengan penampilan Haaland. Sambil tersenyum lebar, Guardiola berkata “sangat kesal, sangat kesal ” soal peluang Haaland yang terbuang.

“Dia bisa saja bikin gol lebih banyak di laga ini. Dia banyak membantu kami. Lebih sulit di babak kedua daripada babak pertama, itulah pandangan saya. Peluang-peluang yang terbuang adalah bagian dari pertandingan,” ujar Guardiola kepada BBC.

Walau demikian, Guardiola tetap merasakan frustrasi yang terjadi di 10 menit terakhir pertandingan. Dalam sorotan kamera televisi, manajer Spanyol itu menunjukkan gestur kesal di tepi lapangan. Guardiola kemudian berjalan ke arah bangku cadangan sebelum menendang sebuah botol air minum yang tergeletak di sana.

Botol yang ditendang Guardiola itu rupanya meluncur ke bangku cadangan Leeds United dan mengenai seseorang yang duduk di sana. Guardiola lalu terkejut, memegang kepalanya lalu spontan berlari menuju “korban” sambil minta maaf.

Terkait persaingan menjadi juara, Guardiola menyebutkan perjalanan musim masih panjang. “Masih ada 70 poin untuk diperebutkan, dan kami harus memiliki laju yang luar biasa. Meraih kemenangan demi kemenangan untuk mendekat ke posisi teratas liga,” ungkap Guardiola.

Pemain yang juga mendapatkan perhatian di laga itu adalah penampilan Ederson Moraes, yang  tak cuma membantu  timnya mengalahkan Leeds United, tetapi juga mencatatkan rekor baru di Premier League.

Ini jadi laga perdana Ederson untuk City setelah jeda Piala Dunia 2022. Hanya saja selama di Qatar, Ederson hanya menjadi kiper cadangan untuk  timnas Brasil.

Ederson tidak banyak bekerja sepanjang 90 menit karena Leeds cuma melepaskan satu attempts on target, yang berujung gol Pascal Struijk di menit ke-73. Walau demikian di laga ini juga terbilang spesial untuk Ederson karena dia baru membukukan rekor baru yakni  mencapai 150 kemenangan di Premier League.

Ederson melakukannya dalam 197 pertandingan, lebih cepat 16 laga ketimbang pemegang rekor sebelumnya Patrice Evra dengan 213 laga. Dalam daftar lima besar, tiga pemain City mendominasi, yakni Kevin de Bruyne (215 laga) dan Fernandinho (216 laga). Petr Cech melengkapinya dengan 217 laga.

Sejak gabung Manchester City pada 2017, karier Ederson memang melesat. Dari 197 laga di Premier League, Ederson membuat 97 clean sheet, tiga sarung tangan emas, tiga assist, dan empat gelar liga. Eks pemain Benfica ini sudah tampil 261 kali untuk klub di seluruh kompetisi, kebobolan 203 gol dan 129 nirbobol.

Selanjutnya,  Manchester City akan menjamu Everton di Etihad Stadium, Sabtu (31/12) malam WIB. Sedangkan Arsenal akan tandang ke markas Brighton & Hove Albion pada Minggu (1/1/2023) dinihari WIB.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media