Friday, 24 May 2024

Search

Friday, 24 May 2024

Search

Bedah Rumah Kembali Bergulir di Jakarta Barat, Per Rumah Dapat Rp 50 Juta

Sejumlah pekerja sedang melakukan bedah rumah. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lewat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI melaksanakan program bedah rumah bagi warga tidak mampu, dengan mekanisme pembiayaan dari perusahaan swasta melalui program CSR.

JAKARTA- Pemerintah Kota Jakarta Barat  atau Pemkot Jakbar membedah sedikitnya 136 rumah warga tidak layak, milik masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dalam program “Jumat Berfaedah” selama 2022. 

“Tahun 2022 sudah 136 rumah, telah kita bongkar dan bedah. Itu adalah bedah rumah tidak layak milik warga,” kata Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko, saat dihubungi di Jakarta, Selasa, (17/1).

Yani mengatakan, kegiatan bedah rumah dalam program Jumat Berfaedah itu digelar untuk membantu warga mendapatkan hunian yang layak.

Per rumahnya, Pemkot menganggarkan biaya sebesar Rp50 juta yang bersumber dari Baznas dan Bazis Jakarta Barat. Yani menjelaskan, sebelum membedah rumah, pihak Pemkot melakukan survei pendahuluan untuk memastikan layak atau tidak untuk diperbaiki.

Setelah itu dan dinyatakan layak untuk masuk program Bedah Rumah, maka pihaknya akan turun untuk membedah rumah. Setiap satu rumah, pihaknya membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan untuk membongkar dan memperbaiki ulang.

Yani memastikan program Jumat Berfaedah itu akan kembali bergulir tahun ini, hanya saja dia belum bisa memastikan berapa jumlah rumah yang akan dibedah tahun ini.

Dia hanya memastikan dalam program Jumat Berfaedah nanti pihaknya tidak hanya akan membangun rumah, melainkan juga tangki septik komunal gratis. “Kita juga bangun tangki septik agar warga tidak buang kotoran sembarangan, lingkungan bersih dan terhindar dari potensi ‘stunting’ (tengkes),” jelas dia.

Yani pun belum bisa membeberkan jumlah tangki septik yang akan dibangun berikut biaya yang akan dikeluarkan dalam program tersebut. Untuk diketahui, Jumat Berfaedah merupakan kegiatan Pemkot Jakbar dalam membedah rumah warga tak layak dan meresmikannya setelah selesai setiap Jumat. Tidak hanya itu, dalam program tersebut Pemkot juga kerap membagikan paket sayuran kepada warga serta memberikan kursi roda kepada warga disabilitas. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media