Monday, 26 February 2024

Search

Monday, 26 February 2024

Search

Segera Diresmikan, Badan Jembatan Otista Bogor Rampung Diaspal

Jelang diresmikan, proyek penggantian Jembatan Otista terus dikebut Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Terbaru, proses pengaspalan pada bagian badan utama jembatan selesai dikerjakan pada Selasa 5 Desember 2023 malam.

BOGOR- Jelang diresmikan, proyek penggantian Jembatan Otista terus dikebut Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Terbaru, proses pengaspalan pada bagian badan utama jembatan selesai dikerjakan pada Selasa (5/12) malam.

Diketahui, peresmian Jembatan Otista direncanakan pada 8 Desember 2023 mendatang, apabila tidak ada kendala yang berarti.

Kepala Dinas PUPR Kota Bogor, Rena Da Frina memaparkan, proses pengaspalan mulai dilakukan pada Selasa 5 Desember 2023 siang, rampung pada malam harinya.

“Awalnya kami berencana mengaspal pada Senin malam, tapi karena hujan akhirnya kami baru kerjakan Selasa siang. Malam tadi sudah kami selesaikan pekerjaan itu,” ungkap Rena kepada wartawan pada Rabu (6/12).

Rena menjelaskan, pengaspalan dilakukan dalam 1 tahap. Material yang digunakan yakni aspal hotmix dengan ketinggian 6 centimeter. Pengaspalan dilakukan simultan dengan pekerjaan pemadatan jalan di sisi kiri atau dekat Warung Bogor dan sisi kanan dekat Tugu Kujang pada bagian badan jembatan.

“Pengaspalan dilakukan pada seluruh lajur Jembatan Otista termasuk area yang akan digunakan sebagai jalur trem. Ya, jadi jalur trem sementara ditutup dengan aspal, mengingat belum berlangsungnya pengadaan trem di Kota Bogor,” jelasnya.

“Jalur trem ditutup dulu sambil menunggu tremnya datang. Nanti kalau sudah ada, baru dibongkar lagi. Kalau tidak ditutup dulu akan bahaya. Penggunaan material hotmix membuat proses pembongkaran nanti akan lebih mudah dibandingkan material cor,” tambah Rena didampingi PPK penggantian Jembatan Otista, Rukhudin Teguh Wibawa.

Rena juga mengatakan, proses pengaspalan tidak memakan waktu lama, sehingga dirinya optimistis pekerjaan selesai tepat waktu. Terlebih para pekerja saat ini bekerja selama 24 jam.

“Teman-teman bekerja selama 24 jam. Begitu tidak hujan mereka akan melakukan pengerasan lagi. Saya juga di Jembatan Otista setiap hari sampai jam 1-2 dini hari,” tegas Rena.

Sementara itu, PPK penggantian Jembatan Otista, Rukhudin Teguh Wibawa menuturkan, selain pemadatan dan pengaspalan bagian kiri dan kanan jembatan, pekerjaan yang masih perlu dilakukan yakni pemasangan railing jembatan serta box culvert di sisi kiri dan kanan Jembatan Otista.  “Railing besi yang saat ini sudah berdiri sebagai pembatas jembatan selanjutnya akan ditutup oleh material GRC,” pungkasnya. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media