Tuesday, 05 March 2024

Search

Tuesday, 05 March 2024

Search

Arab Health 2024, Kemenperin Dukung Forsta Kembangkan Dialyser Produksi Indonesia

Dok. Kemenperin.

JAKARTA – Partisipasi Indonesia pada pameran Arab Health 2024 dimanfaatkan oleh pemerintah dan industri dalam negeri untuk menjajaki kerja sama dengan pemilik teknologi global di bidang alat kesehatan. Kolaborasi ini dilakukan sebagai upaya untuk mengembangkan produk alat kesehatan yang selama ini diimpor agar dapat diproduksi di dalam negeri.

“Pengembangan produk alat kesehatan berteknologi tinggi, seperti X-rayultrasonic scanning apparatus, dan ozone therapy menjadi penting untuk mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap produk alat kesehatan impor, sehingga sektor industri alat kesehatan dalam negeri menjadi mandiri,” kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier di Jakarta, dikutip dari laman Kemenperin, Kamis (1/2).

Taufiek menyampaikan, pentingnya kerja sama teknologi antara industri dalam negeri dengan pemilik teknologi. Selain untuk menarik investasi ke Indonesia, kerja sama ini juga dapat memberikan transfer teknologi bagi industri dalam negeri.

“Dalam Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN), industri alat kesehatan menjadi sektor prioritas. Pada tahun 2024, Indonesia sudah dapat mengembangkan produk elektromedikal, implant, dan radiologi. Produk dengan teknologi medium-high ini sangat banyak digunakan di Indonesia sehingga menjadi penting untuk dikembangkan secara lokal,” papar Taufiek.

PT Forsta Kalmedic Global (Forsta) sebagai anak perusahaan dari PT Enseval Medika Prima yang bersama-sama tergabung dalam Kalbe Group turut mendukung upaya pemerintah untuk melokalkan produk-produk alat kesehatan. Salah satu produk yang akan segera diproduksi oleh perusahaan ini adalah Dialyser, yang digunakan dalam penanganan penyakit ginjal khususnya untuk pasien hemodialisa. Hal ini akan meningkatkan TKDN industri alat kesehatan dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik, terutama pengadaan pemerintah.

Tahun 2023 Forsta telah selesai membangun fasilitas ruang produksi dan tahun 2024 siap untuk memasarkan dialyser pertama produksi Indonesia. “Untuk produk dialyser sendiri, Forsta bekerjasama dengan salah satu perusahaan terkemuka asal Italia, yaitu Tecnoideal Srl. Dalam Kerjasama ini, Forsta mendapatkan kesempatan untuk memproduksi dialyser dengan bantuan dan teknologi yang dimiliki oleh partner global,” ujar Yvone, Direktur PT. Forsta Kalmedic Global di sela-sela pelaksanaan pameran Arab Health 2024.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media