Tuesday, 07 May 2024

Search

Tuesday, 07 May 2024

Search

Akses Layanan Diagnostik di Indonesia Terbatas

JAKARTA-Pengujian  diagnostik  menjadi tahapan yang sangat penting dalam menanggulangi penyakit dengan beragam pilihan alat dan teknik yang tersedia untuk mendeteksi, penentuan stadium, dan pengobatan. Pencitraan diagnostik memberikan informasi rinci tentang perubahan struktural atau penyakit bahkan pada tahap awal penyakit.

Meskipun terdapat kemajuan dalam kemampuan diagnostik di Indonesia, masih banyak masyarakat yang belum memiliki akses terhadap layanan diagnostik. 

Situasi ini yang membuat PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) dan Royal Philips pemimpin global dalam teknologi kesehatan, melakukan pembaruan perjanjian kerjasama strategis multitahunan di Jakarta untuk jangka waktu 5 tahun ke depan.

“Akses terhadap layanan kesehatan masih menjadi salah satu tantangan terbesar di Indonesia. Lokasi geografis Grup RS Siloam menempatkan kami pada posisi strategis untuk menyediakan akses terhadap layanan diagnostik tingkat lanjut. Kompetensi tenaga medis kami dan fasilitas yang tersedia di rumah sakit kamimemungkinkan kami melakukan deteksi dini dan mendukung terciptanya layanan pengobatan yang berkelanjutan,” kata Senior GM Manajemen Fasilitas Terpadu Grup RS Siloam, Eric R. Hilman. 

Saat ini, Rs itu telah memasang peralatan medis Phillips di seluruh 41 lokasi yang meliputi peralatan utama seperti MRI, CT-Scan, C-Arms, X-Ray, serta peralatan minor seperti monitor pasien, Ultrasonografi (USG), dan masih banyak lagi.

Selanjutnya, Philips akan menyediakan layanan pemeliharaan dan operasional untuk semua peralatan teknologi kesehatan utama yang dipasang di 34 lokasi Siloam di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, melalui kemitraan ini, Philips juga akan memberikan Siloam akses mudah terhadap teknologi medis terkini dan memastikan seluruh suku cadang tersedia di seluruh tanah air. Hal ini akan membantu rumah sakit meminimalisir downtime dan mendukung RS dalam menyediakan layanan kesehatan berkualitas tinggi kepada pasiennya.

“Sebagai perusahaan teknologi kesehatan, kami bangga menjadi mitra terpercaya Grup RS Siloam dalam menyediakan layanan kesehatan kelas dunia melalui peralatan kesehatan tercanggih di seluruh Indonesia,” kata Astri Ramayanti Dharmawan, Presiden Direktur, Philips Indonesia.

Astri mengatakan bahwa pihaknya menyadari pentingnya memastikan ketersediaan peralatan kesehatan yang andal bagi rumah sakit dan pasien.

“Oleh karena itu, layanan kami sangat menekankan pemantauan dan pemeliharaan peralatan kami yang efektif untuk meminimalkan waktu henti. Hal ini tidak hanya memastikan layanan kesehatan yang cepat bagi pasien tetapi juga meningkatkan efisiensi fasilitas kesehatan secara keseluruhan,” kata dia.

Frans C. Gultom

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media