Friday, 19 April 2024

Search

Friday, 19 April 2024

Search

Waspada Diabetes Bisa Serang Anak Muda

JAKARTA- Diabetes tidak hanya menyerang orang tua, anak muda pun tidak luput dari penyakit ini. Kebiasaan pola makan tidak sehat bisa menjadi pemicu anak muda terserang diabetes. Kebanyakan anak usia muda cenderung mempunyai pola makan tak sehat. Banyak anak muda yang lebih suka fast food dan makanan manis dibanding mengonsumsi makanan sehat.
Saat konsumsi gula berlebihan, terjadilah peningkatan resistensi insulin. Peningkatan resistensi insulin ini membuat tubuh tidak dapat memproses kelebihan gula dengan baik. Selain pola makan, faktor seperti usia, berat badan, genetik, dan gaya hidup juga berperan dalam berkembangnya diabetes di kalangan muda. Lantas bagaimana cara pencegahannya?

  1. Konsumsi Makanan Sehat
    Dikutip dari situs Kemenkes, untuk mencegah diabetes, pastikan piring makan selalu mengandung nutrisi lengkap dan seimbang. Misalnya, karbohidrat, protein, serat, lemak baik, vitamin, dan mineral.
    Hindari beberapa jenis makanan dan tingkatkan asupan makanan tertentu. Anda juga bisa mencegah penyakit diabetes dengan mengonsumsi produk kesehatan seperti Vitayang Milchrom. Produk kesehatan dapat membantu dalam meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan kadar gula darah, dan memperbaiki metabolisme liver.
    Ingin memberikan solusi bagi penderita diabetes maupun bagi yang ingin mencegah diabetes,” ujar Edy selalu Marketing Director KK Indonesia.
    Ingin memberikan solusi bagi penderita diabetes maupun bagi yang ingin mencegah diabetes,” ujar Edy selalu Marketing Director KK Indonesia.
  2. Menjaga Berat Badan
    Kelebihan berat badan menjadi salah satu faktor penyebab utama dari diabetes. Obesitas mengganggu kerja metabolisme yang membuat sel-sel dalam tubuh tidak dapat merespons insulin dengan baik.
    Tubuh Anda menjadi kurang atau sama sekali tidak sensitif terhadap insulin. Akibatnya, resistensi insulin berujung pada diabetes. Hasil uji klinis yang dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH) pun menyarankan hal ini sebagai tindakan pencegahan diabetes.
  3. Rutin Olahraga Olahraga yang dilakukan secara rutin bisa menjadi cara ampuh mencegah diabetes. Olahraga dapat membakar kalori untuk menghasilkan energi dan menyimpan glukosa ke otot sebagai cadangan energi, sehingga gula tidak menumpuk di dalam darah. Olahraga juga bisa membantu tubuh menjadi lebih sensitif terhadap insulin. Luangkan waktu minimal 30 menit setiap hari untuk berolahraga.
  4. Berhenti Merokok
    Berhenti merokok dapat membantu mencegah diabetes. Diabetes tipe 2 jenis paling banyak dialami perokok. Hal ini karena kandungan nikotin pada rokok dapat merusak sel pankreas yang berfungsi memproduksi insulin.
  5. Banyak Minum Air Putih
    Konsumsi air putih secara rutin dapat membantu mengontrol gula darah dan kadar insulin dalam tubuh. Efeknya, risiko terkena diabetes semakin menurun. Mulai kurangi konsumsi minuman manis seperti soda, sirup, dan minuman tinggi gula lainnya.

Frans C. Gultom

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media