Friday, 19 April 2024

Search

Friday, 19 April 2024

Search

Pemprov DKI Bakal Beli 5 Moge Listrik untuk Patwal Pejabat, Anggarannya Rp 6,3 Miliar

Sekda DKI Jakarta, Joko Agus Setyono menjajal Moge Listrik untuk petugas Patwal Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

JAKARTA- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal membeli sepeda motor listrik baru untuk petugas patroli dan pengawalan (Patwal) dari Dinas Perhubungan (Dishub). Anggaran yang disiapkan belanja kendaraan baru untuk mengawal pejabat kelas VVIP itu sebesar Rp 6.354.750.000. Informasi ini tertuang dalam laman Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (Sirup LKPP).

Dalam Sirup LKPP, tertulis bahwa penganggaran dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, dengan nama paket Pengadaan Kendaraan Dinas Operasional Lapangan Khusus Sepeda Motor Listrik Pengawalan Pimpinan VVIP. Terdapat unit sepeda motor yang akan dibeli, dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) DKI Jakarta 2024.

“Sumber dana APBD 2024. Total pagu Rp 6.354.750.000,” bunyi informasi tersebut, dikutip, Senin (4/3).

Kendati demikian, belum dijelaskan secara terperinci spesifikasi lima unit kendaraan motor listrik untuk petugas Patwal pejabat VVIP Pemprov DKI Jakarta. Saat dicoba menghubungi Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo untuk konfirmasi, namun, Syafrin belum merespons. Pemprov DKI Jakarta sebelumnya memang berencana mengganti motor gede (moge) petugas patwal berbahan bakar bensin menjadi bertenaga listrik.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menjelaskan, pengadaan moge bertenaga listrik itu bakal dilaksanakan pada 2024. Untuk tahap awal, akan ada 10 unit yang disediakan untuk kegiatan patroli dan pengawalan oleh petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta. “Sementara untuk motor besar atau moge itu rencana tahun depan baru akan diadakan. Jadi ini untuk patroli dan pengawalan, motor Patwal listrik,” ujar Syafrin di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (18/9/2023) lalu. Syafrin belum mau menjelaskan secara terperinci soal spesifikasi maupun harga moge bertenaga listrik listrik. Dia hanya mengatakan, penggantian ini merupakan bagian dari transformasi kendaraan dinas operasional. Moge listrik dikhususkan untuk petugas ketika melaksanakan pengawalan pejabat utama di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media