Tuesday, 05 March 2024

Search

Tuesday, 05 March 2024

Search

Polda Metro Gelar Rapat Koordinasi Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024

JAKARTA – Polda Metro Jaya menggelar rapat koordinasi optimalisasi kesiapan tahapan Pemilu 2024 dalam rangka Operasi Mantab Brata di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Senin (29/01).
Rapat tersebut dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan, Kabinda DKI, Ketua KPU RI/mewakili, Ketua Bawaslu RI, Pejabat Utama (PJU) Polda Metro Jaya serta Kapolres Jajaran.
Dalam sambutannya, Kapolda mengajak seluruh stakeholder terkait untuk bersama-sama mempersiapkan langkah dengan baik guna mencegah terjadinya potensi gangguan keamanan jelang pelaksanaan Pemilu 2024 yang diselenggarakan di wilayah Hukum Polda Metro Jaya.
“Seluruh jajaran serta stakeholder terkait untuk bersama-sama merumuskan serta menentukan langkah-langkah pengamanan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, jangan sampai kita underestimate (meremehkan) dengan situasi saat ini,” kata Irjen Karyoto dalam siaran persnya, Senin (29/1).
Karyoto menjelaskan, bahwa tingkat kerawanan serta potensi gangguan yang terjadi dalam proses pemungutan dan perhitungan suara ditentukan oleh beberapa faktor alam dan lingkungan.
“Maka dari itu diperlukan persiapan pengamanan yang matang dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait dalam proses pemungutan dan perhitungan suara secara tepat dan sesuai sasaran yang memegang teguh Asas Pemilu yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil (LUBER JURDIL) agar terhindar nya dari gangguan menjelang hari pencoblosan,” bebernya.
Ia menyebut, dalam pelaksanaan pemilu 2024 dan Operasi Mantab Brata Polda Metro Jaya melibatkan sebanyak 162.313 personel gabungan yang terdiri dari personel Polri 20.291, personel TNI 10.890 serta 131.132 personel Linmas.
“Diharapkan dengan kekuatan yang ada saat ini dapat mengcover seluruh TPS di wilayah Hukum Polda Metro Jaya,” ujar Karyoto.
Tak lupa, Kapolda Metro Jaya berpesan kepada seluruh jajaran dan stakeholder yang terlibat untuk bersama-sama bersinergi dan berkolaborasi untuk menciptakan stabilitas politik yang kondusif serta memberikan dukungan penyelenggaraan Pemilu sesuai dengan ketentuan yang berlaku. tom

Frans C. Gultom

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media