Friday, 19 April 2024

Search

Friday, 19 April 2024

Search

Liverpool Susah Payah Kalahkan Nottingham Forest

Darwin Nunez (tengah) saat melesatkan gol ke gawang Nottingham Forest.

NOTTINGHAM – Liverpool meraih kemenangan dramatis atas tuan rumah Nottingham Forest dalam lanjutan Liga Inggris di The City Ground, Sabtu (2/3) malam WIB. Umpan silang Alexis Mac Allister ditanduk Darwin Nunez pada menit ke-99 menjadi pembeda di laga itu.

Liverpool pun kokoh di pucuk klasemen dengan mengoleksi 63 poin dari 27 pertandingan. Forest masih di urutan 17 dengan 24 poin.

Manajer Liverpool  Juergen Klopp menilai kemenangan itu diraih dengan susah payah. Ia memaklumi itu karena Si Merah tak tampil dalam kondisi terbaik. Klopp memaklumi timnya tak tampil maksimal karena masalah badai cedera yang dihadapi. Apalagi, Si Merah harus menjalani jadwal padat dengan memainkan empat laga hanya dalam rentang 11 hari.

“Pertandingan keempat dalam 11 hari selalu sulit. Dengan situasi skuad kami, ini sangat sulit. Kami tidak memulai laga dengan baik, itu sudah jelas, kami tidak punya ritme yang nyata,  itulah masalahnya. Tidak terlalu lancar, hal-hal seperti ini, Anda harus bermain cepat melawan blok pertahanan,” kata Klopp dikutip dari situs Liverpool.

Walau demikian,  yang terpenting menurut Klopp adalah tim asuhannya mampu bisa mengoptimalkan peluang yang dimiliki untuk meraih kemenangan. “Anda harus bermain di ruang yang tepat, kami memiliki terlalu banyak pemain di belakang bola, hal-hal normal dalam sepak bola  dan tetap menciptakan beberapa peluang. Kami memiliki beberapa peluang yang menunjukkan kepada kami bagaimana kami bisa melakukannya,” jelasnya.

Klopp juga tak menyangka timnya bisa terus meraih kemenangan. Apalagi Liverpool sudah dihantam cedera demi cedera sepanjang awal tahun ini. Mohamed Salah, Diogo Jota, Darwin Nunez, Dominik Szoboszlai, Curtis Jones, Thiago Alcantara, Ryan Gravenberch, Trent Alexander-Arnold, dan Alisson Becker silih berganti masuk ruang perawatan.

Di laga ini,  Joe Gomez masih diplot sebagai gelandang bertahan, lalu Harvey Elliott, Conor Bradley dan Bobby Clark selaku perwakilan ‘bocil’ akademi tampil jadi starter.

“Kalau Anda bilang ke saya 12 hari lalu bahwa kami akan memenangi seluruh empat laga ini, saya akan bilang tidak mungkin! Mustahil. Dalam keadaan ini, memenangi laga-laga itu rasanya konyol. Kami akan mengisi ulang tenaga sampai laga berikutnya. Yang dilakukan anak-anak ini cukup spesial. Untuk sampai pada torehan poin ini adalah perjuangan besar. Tidak pernah mudah,”  kata Klopp dikutip BBC.

Nunez yang menjadi pahlawan Liverpool baru masuk di menit ke-60 menggantikan Andy Robertson. Selama laga berjalan setengah jam dia diolok-olok fans Nottingham Forest dengan nyanyian soal Andy Carroll.

Striker asal Uruguay memang punya wujud yang mirip seperti Carroll, yakni tinggi dan model rambut kuncir cepol. Carroll merupakan salah satu striker yang dicap gagal selama berkarier untuk Liverpool. “Saya tidak akan menyanyikan lagu seperti itu. Saya tidak akan mencoba untuk mengacaukan Darwin,” kata Klopp.

Klopp tak lupa memuji kontribusi assist dari Alexis Mac Allister. Gelandang asal Argentina itu dianggap punya ketenangan yang luar biasa. “Saya melihatnya secara langsung, tetapi saya tidak akan pernah melupakannya. Dia tenang. Dia chip bola di sana. Assist super dan gol super penting,” tandas Klopp.

Kemenangan ini menggambarkan kegigihan dan kerja keras The Reds. Sebagai catatan, Liverpool melepaskan total 22 tembakan tapi hanya dua yang mengarah ke gawang.

Mac Allister menyebut momen-momen semacam ini spesial. “Ini hari yang spesial buat kami. Menang seperti ini tidaklah mudah. Kami datang ke tempat yang sulit. Pada momen itu saya tahu situasinya menit terahir dan saya cuma harus mengirim bola ke kotak penalti. Darwin itu pemain yang penting buat kami. Tidak ada laga mudah di Premier League. Jadi kami sangat-sangat senang,” kata  Mac Allister dikutip BBC.

Hasil laga lainnya  Brentford vs Chelsea 2-2,  Everton vs West Ham 1-3, Fulham vs Brighton 3-0, Newcastle vs Wolves 3-0, Tottenham vs Crystal Palace 3-1 dan  Luton Town vs Aston Villa 2-3.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media