Sunday, 19 May 2024

Search

Sunday, 19 May 2024

Search

Jokowi Sebut Sejumlah Perusahaan Asal Malaysia Berminat Investasi di IKN

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, sejumlah perusahaan swasta asal Malaysia berminat berinvestasi pada pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal ini disampaikan Kepala Negara dalam keterangan pers usai melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Anwar Ibrahim, di Istana Bogor, Senin (9/11).

“Saya menyambut baik minat para investor Malaysia dalam pembangunan ibu kota negara baru Nusantara. 11 letter of intent (LoI) telah ditandatangani oleh sektor swasta malaysia dan diserahkan kepada Otorita IKN,” kata Jokowi, Senin (9/1).

Perusahaan Malaysia yang telah menyerahkan LoI tersebut bergerak di bidang elektronik, kesehatan, pengelolaan limbah, kondstruksi, dan properti.  Selain 11 LoI, Jokowi mengungkapkan, ada pula nota kesepahaman yang diteken oleh perusahaan Malaysia dari berbagai bidang.

“Selain itu, juga terdapat sejumlah MoU di bidang perkapalan, pembiayaan ekspor-impor, energi hijau, pengembangan inudstri baterai dan lain-lainnya juga sudah ditandatangani,” ujarnya. Sebagai informasi, total kebutuhan investasi IKN sebesar 30 miliar dollar AS atau sekitar Rp 471,8 triliun. Sedangkan anggaran Pemerintah yang dialokasikan hanya dapat mencakup sekitar 20 persen dari jumlah tersebut. Sedangkan 80 persen sisanya diharapkan akan dipenuhi melalui skema Public Private Partnership (PPP), pendanaan kreatif, investasi swasta dan instrumen lainnya. ***

Osmar Siahaan

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media