Friday, 24 May 2024

Search

Friday, 24 May 2024

Search

Buka Pasar Sore Kampung Ramadhan Jogokaryan, Kapolda DIY: Ini Sebuah Kehormatan Bagi Saya

YOGYAKARTA (IM)-Kampung Ramadan Jogokariyan merupakan salah satu kampung Ramadan teramai di Yogyakarta. Di ruas jalan ini pula, Masjid Jogokariyan yang fenomenal berada. Setiap sore menjelang waktu berbuka puasa. Mulai badha Ashar kurang lebih15.30 WIB sampai waktunya Tarawih.

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan membuka secara langsung Pasar Sore Kampung Ramadhan di Masjid Jogokaryan, pada Senin (11/3).

Kampung Ramadan Jogokaryan atau sering dikenal dengan Pasar Sore Ramadan sendiri merupakan acara rutin setiap tahun yang diselenggarakan oleh Takmir Masjid Jogokaryan.

Kampung Ramadhan ini terkenal akan beraneka ragam jajanan yang disuguhkan oleh para penjual selama bulan Ramadhan.

Tidak hanya itu, Kampung Ramadhan pun telah di sulap sedemikian rupa agar nuansa Ramadhan lebih terasa oleh para pengunjung.

Dalam sambutannya Irjen Suwondo mengatakan bahwa sebuah kebanggaan bagi dirinya bisa hadir dalam pembukaan Kampung Ramadhan yang ke-20 ini.

“Juga suatu kehormatan bagi saya telah diberikan mandat untuk menggunting pita sebagai tanda dibukanya Kampung Ramadhan tersebut,” ucapnya.

Irjen Suwondo menuturkan bahwa dirinya selaku Kapolda DIY akan selalu hadir dalam setiap kegiatan masyarakat.

“Kami (Kepolisian) akan selalu mengamankan seluruh kegiatan masyarakat selama bulan suci Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri esok,” tuturnya.

“Besar harapan kita semua bisa menjalankan ibadah dengan aman, lancar dan tentunya berkesan,” paparnya.

Kemudian, Kabidhumas Polda DIY Kombes Pol Nugroho Arianto, mengatakan bahwa Kapolda DIY melakukan prosesi gunting pita sebagai tanda telah dibukanya secara resmi Pasar Sore Kampung Ramadhan Jogokaryan tersebut.

Setiap bulan puasa ribuan orang akan berbondong-bondong mendatangi tempat ini. Baik jamaah yang akan berbuka puasa di masjid yang ada. Maupun mereka yang datang sekedar jajan aneka macam kuliner yang ada untuk buka puasa.

Para pengunjung tidak hanya warga sekitar. Banyak diantara mereka yang datang dari luar kota. Daya tarik tempat ini sungguh luar biasa. Sehingga layak jika disebut sebagai salah satu ikon Yogyakarta.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pj. Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo, Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Aditya Surya Dhama, Tokoh Masjid Jogokaryan M. Jazir ASP., serta jamaah Masjid dan warga masyarakat.

Frans C. Gultom

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media