Tuesday, 05 March 2024

Search

Tuesday, 05 March 2024

Search

800 Milenial Jadi Petani di Padang

Ilustrasi petani.

PADANG- Jumlah petani milenial di Kota Padang, Sumatera Barat, tercatat sekitar 800 orang. Mereka tergabung dalam 600 kelompok tani.

“Petani milenial itu berumur 19 tahun sampai 39 tahun. Data tersebut diambil dari Sistem Informasi Penyuluh Pertanian (Simluhtan). Seluruhnya terdata by name by address,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Yoice Yuliani kepada, Kamis (1/2). 

Yoice menjelaskan, saat ini belum ada kelompok khusus petani milenial. Mereka masih bercampur dengan petani lainnya dalam kelompok tani.

“Petani milenial yang tergabung dalam kelompok tani tadi, usahanya masih sama dengan petani lainnya. Belum ada yang spesifik,” katanya.

Lebih jauh dikatakannya, Pemkot Padang sangat mendukung petani milenial. Apabila petani milenial tersebut membentuk kelompok tani, mereka bisa mendapatkan bantuan dari Pemkot Padang. “Apabila ada petani yang membentuk kelompok tani milenial, kami dari Pemkot Padang akan memberikan dukungan. Untuk bisa mendapatkan bantuan tentunya mereka harus memenuhi aturan dan syarat yang berlaku,” ungkap Yoice.

Menurut Yoice, pihak Kementerian Pertanian sudah meluncurkan program youth entrepreneurship and employment support service (Yess) untuk menarik para milenial menjadi petani.

“Untuk mengikuti program tersebut, bisa mendaftarkannya melalui link yang ada di Kementerian Pertanian. Sedangkan kita juga sudah mensosialisasikannya melalui penyuluh,” sebutnya. Dikatakan Yoice, petani milenial ini diharapkan mampu untuk memanfaatkan teknologi untuk pengembangan pertanian. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media