Friday, 24 May 2024

Search

Friday, 24 May 2024

Search

Arsenal Terus Pelihara Kans Juara Liga Inggris

Leandro Trossard saat menundukkan kiper Manchester United, Andre Onana.

MANCHESTER – Arsenal terus memelihara peluang juara Liga Inggris 2023/2024 usai mengalahkan tuan rumah Manchester United (MU) 1-0. Bermain di  Old Trafford, Minggu (12/5) malam WIB, gol tunggal tim tamu dicetak Leandro Trossard pada menit ke-20.

Tambahan tiga poin ini cukup mengantarkan Arsenal kembali ke puncak Liga Inggris dengan 86 poin dari 37 laga. Mereka unggul satu poin dari Manchester City di posisi kedua dengan dua laga tersisa. Persaingan gelar juara pun berlanjut hingga pekan terakhir.

MU terpuruk di posisi kedelapan dengan 54 poin dari 36 laga, selisih tiga angka dari Newcastle United di posisi keenam yang merupakan batas akhir zona Liga Europa.

Meski menang, Arsenal tampil berhati-hati terutama selepas unggul. Hal itu tak lepas dari krusialnya duel kontra The Reds Devils. Jika kehilangan angka lawan MU, peluang Meriam London dalam perebutan gelar Liga Inggris bakal sulit. Arsenal bahkan kalah ball possesion dari MU dengan 45 persen dibanding dengan 55 persen.

Manajer Arsenal, Mikel Arteta, sempat khawatir dengan penampilan anak asuhannya yang bermain terlalu aman usai unggul. Hal ini membuat MU punya kesempatan untuk mengembangkan permainan. Arteta sedikit bisa lega karena timnya bertahan dengan baik saat menghadapi tekanan tuan rumah.

“Kami memulai pertandingan dengan baik, mencetak gol. Tapi gol itu, menurut saya, mempengaruhi kami terutama dalam menjalankan tugas dengan menguasai bola. Kami mulai bermain terlalu aman, tidak menjalankan pola dan bermain sesuai yang direncanakan,” ujar Arteta dikutip dari situs Arsenal.

Arteta menyadari timnya sudah habis-habisan menampilkan yang terbaik sepanjang musim. Ia pun memuji perjuangan para pemainnya di tengah tekanan. “Di laga ini kami kurang tenang, kurang bersih, kurang konsisten, dan tak melakukan hal simpel dengan benar. Kondisi ini membuat Anda tak bisa mengendalikan pertandingan,”  ujar Arteta.

Trossard mengaku puas dengan kemenangan ini meski ia mengakui bahwa Meriam London harus mendapatkannya dengan susah payah karena MU memberikan perlawanan yang cukup sengit.

“Mungkin itu bukan pertandingan yang paling indah tetapi pujian untuk para pemain, kami bertahan dengan sangat baik. Kami kembali mencatatkan clean sheet dan satu gol sudah cukup untuk memenangkan pertandingan,” kata Trossard kepada BBC Sport.

Ia menyebut, timnya sempat mengalami kesulitan. “Kami sedikit kesulitan sehingga sangat menyenangkan bisa meraih kemenangan. Ketika Anda hanya unggul 1-0, itu selalu sedikit sulit. Kami mencoba mencetak gol kedua namun mereka sangat berbahaya dalam serangan balik. Ini adalah perjalanan yang luar biasa bagi kami dan sekarang kami membawanya ke pertandingan final. Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi,”  ujarnya.

Pesaing Arsenal,  City masih melakoni laga tunda kontra Tottenham Hotspur di Tottenham Hotspur Stadium, Rabu (15/5) dinihari WIB. Ini adalah laga penting untuk City dan (bagi Arsenal) mengingat Tottenham bisa menentukan gelar juara bakal ke mana. Jika City menang, maka puncak klasemen dikuasai dan kendali di pekan terakhir akan jadi milik mereka.

Sementara manajer MU Erik ten Hag memaklumi kekalahan timnya. Sebab, kondisi Setan Merah lagi pincang terutama di sektor belakang. Meski bikin 14 attempts sepanjang 90 menit, tapi cuma dua yang mengarah ke gawang dan itu pun tidak merepotkan David Daya di bawah mistar Arsenal. Sementara, tim tamu berhasil bikin satu gol dari total lima attempts on target.

Lagi-lagi pertahanan MU jadi sorotan di laga ini terutama soal gol Trossard, ketika Casemiro gagal naik dengan cepat untuk membuat perangkap offside. Bagi Ten Hag, performa MU di laga kontra Arsenal sudah membuatnya puas.

“Kami menurunkan pemain yang tidak biasa bermain di sana (lini pertahanan). Di level tinggi seperti ini, Anda bisa setiap saat dihukum lawan. Atau Anda harus memainkan pemain yang tidak fit. Seperti itulah situasi kami saat ini,” ujar Ten Hag di BBC Sport.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media