Friday, 24 May 2024

Search

Friday, 24 May 2024

Search

Prancis Dilanda Wabah Kutu Busuk,Picu Kepanikan Warga dan Pemerintah  

Paris dan kota-kota Prancis lainnya tengah dilanda wabah kutu busuk. Hal ini memicu kepanikan di masyarakat dan pemerintah.

PARIS – Paris dan kota-kota Prancis lainnya tengah dilanda wabah kutu busuk. Hal ini  memicu gelombang insektofobia dan menimbulkan pertanyaan tentang kesehatan dan keselamatan para atlet yang akan berlomba ada Olimpiade tahun depan.

Wabah kutu busuk ini dilaporkan secara meluas pleh media-media Prancis dan menyebar ke dunia internasional.

 BBC  melaporkan bahwa sebagian dari laporan itu benar, namun ada bagian yang tidak sesuai fakta. Faktanya adalah jumlah penampakan kutu busuk telah meningkat selama beberapa minggu terakhir – dan tren peningkatan tersebut terjadi beberapa tahun yang lalu.

“Setiap akhir musim panas kita melihat peningkatan besar jumlah kutu busuk,” kata Jean-Michel Berenger, ahli entomologi di rumah sakit utama Marseille dan pakar les punaises, sebutan untuk kutu busuk, terkemuka di Prancis.

“Itu karena orang-orang telah berpindah-pindah selama Juli dan Agustus, dan mereka membawanya kembali ke dalam bagasi.

 “Dan setiap tahun, peningkatan musiman lebih besar dibandingkan tahun lalu.”

Di Paris, selain ketakutan lama akan serangan kutu busuk yang dirasakan oleh penghuni apartemenm – di mana satu dari 10 di antaranya disebut  pernah mengalami kutu busuk dalam lima tahun terakhir – telah ditambahkan sumber kecemasan baru.

Laporan bahwa kutu busuk baru-baru ini terlihat di bioskop, namun ditanggapi dengan serius. Demikian pula klaim bahwa orang-orang telah digigit di kereta.

Dan kini Balai Kota Paris dan pemerintahan Presiden Emmanuel Macron menyerukan tindakan. Hal ini menunjukkan betapa seriusnya mereka menanggapi masalah ini – dan betapa mereka perlu melindungi citra Paris menjelang Olimpiade 2024 – sehingga mereka tidak menganggap kepanikan kutu busuk sebagai sebuah rekayasa media sosial.

Cerita-cerita menakutkan tersebar luas di internet dengan sangat cepat sehingga mengubah apa yang dulunya hanya berita biasa di surat kabar menjadi keadaan darurat nasional.

Pemilik bioskop – yang sudah khawatir dengan menurunnya jumlah penonton – sangat ketakutan ketika beredar video yang menunjukkan kutu busuk di kursi. Orang-orang di kereta metro sudah mulai memeriksa jok mereka. Beberapa lebih memilih untuk berdiri.

“Ada elemen baru tahun ini – dan itu adalah psikosis umum yang mulai terjadi,” kata Berenger sebagaimana dilansir BBC.

Faktanya adalah kutu busuk mulai muncul kembali, dan mungkin sudah terjadi selama 20 atau 30 tahun. Namun hal ini tidak hanya terjadi di Prancis saja, tapi di semua tempat. Sebenarnya kutu busuk memang merupakan ancaman – namun bahayanya lebih bersifat psikologis daripada fisik. Cimex lectularis mungkin menjijikkan, tetapi sejauh yang diketahui ia tidak dapat menularkan penyakit. Gigitannya menjijikkan, tapi tidak bertahan lama. ***

Osmar Siahaan

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media