Friday, 24 May 2024

Search

Friday, 24 May 2024

Search

Perpusnas Akan Perketat Keamanan dan Perbaiki Mekanisme Penggunaan Loker Bagi Pemustaka

Area gedung lt 1 Perpusnas.

JAKARTA- Perpustakaan Nasional (Perpusnas) berkomitmen memperbaiki mekanisme penggunaan loker dan telah mengganti kunci seluruh loker sejak tahun 2023 guna menjamin keamanan pemustaka.

“Guna meningkatkan keamanan seiring terus bertambahnya kunjungan Pemustaka, pada tahun 2023 Perpusnas telah mengganti kunci seluruh loker yang disediakan,” kata Kepala Biro Hukum, Organisasi, Kerja Sama dan Humas Perpusnas RI, Sri Marganingsih di Jakarta, Kamis(18/4).

Merespons utas yang diunggah akun @auvaerren pada Selasa (16/4) di media sosial X terkait kasus kehilangan barang Pemustaka, yang sebelumnya diletakkan di loker Perpusnas, Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 11, Jakarta Pusat, Sri Marganingsih menyampaikan hal tersebut merupakan kejadian yang tidak diharapkan, ini menjadi pembelajaran bagi semua pihak,” kata Sri Marganingsih

Lebih lanjut Sri menambahkan “Kami sampaikan permohonan maaf dan turut prihatin atas kerugian yang dialami. Untuk mengantisipasi agar kejadian serupa tidak terulang, Perpusnas berkomitmen memperbaiki mekanisme penggunaan loker dan memperketat pengamanan, sekaligus mengevaluasi system yang telah ada” Imbuh Sri

Sri melanjutkan pemustaka juga dapat melaporkan segala bentuk pengaduan kepada petugas yang berada di lingkungan Perpusnas, utamanya apabila mengalami kehilangan barang di area Perpusnas.

“Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas adalah ruang publik yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung, kami menyediakan fasilitas berupa loker penitipan barang yang dijaga oleh petugas keamanan dan diawasi dengan kamera CCTV,” ucapnya.

Untuk menghindari kejadian serupa, Perpusnas juga menyatakan telah mengimbau kepada seluruh pemustaka untuk selalu membawa barang berharga dan tidak meninggalkannya di dalam loker.

“Kami senantiasa mengimbau kepada pemustaka baik secara langsung maupun melalui pengeras suara untuk selalu membawa ponsel, laptop, dompet, serta barang berharga lainnya, dan tidak meninggalkannya di dalam loker,” tutur Sri.

Sri juga menyampaikan apresiasi kepada pemustaka yang telah menyampaikan kritik dan saran sehingga dapat menjadi bahan pembelajaran bagi Perpusnas untuk meningkatkan pelayanan agar menjadi lebih baik.

“Perpusnas mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengguna fasilitas layanan atas perhatian, kritik, dan saran yang diberikan kepada kami. Kenyamanan dan kepuasan seluruh pemustaka tetap selalu menjadi prioritas utama kami. Salam literasi,” ucap Sri Marganingsih. bam

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media