Thursday, 18 April 2024

Search

Thursday, 18 April 2024

Search

Memajukan Peternakan Domba Dan Kambing Di Kabupaten Bogor Melalui Festival Ternak Domba Kambing Dan Seni Ketangkasan Domba

BOGOR- Jawa Barat adalah salah satu provinsi terpadat di Indonesia, yang terkenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Salah satu kekayaan alam yang cukup menonjol adalah ternak kecil seperti kambing dan domba khususnya domba Garut.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor, Dra. Nurhayati MSi.

Domba Garut adalah plasma nutfah asli Jawa Barat yang perlu dikembangkan dan dilestarikan. Salah satu upaya pengembangan ternak kecil adalah melalui penyelenggaraan kontes ternak domba dan kambing.

Kegiatan ini memiliki dampak positif bagi masyarakat Jawa Barat melalui peningkatan kualitas ternak kecil (kambing dan domba), pelestarian budaya lokal, pengembangan ekonomi dan peningkatan kesadaran terhadap lingkungan. Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor sebagai pengelola bidang peternakan dan kesehatan hewan di Kabupaten Bogor menyelenggarakan Festival Ternak Domba Kambing dan Seni Ketangkasan Domba pada tanggal 12 November 2023.

Festival ini bertujuan untuk mengenalkan varian domba dan kambing terbaik, meningkatkan kualitas bibit ternak, dan memajukan peternakan domba dan kambing di wilayah Kabupaten Bogor. Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Drs. Teten Masduki. Acara ini dilaksanakan di Area Lapangan Panahan Stadion Pakansari, Cibinong Kabupaten Bogor. Rangkaian acara meliputi Kontes Ternak Domba dan Kambing, Seni Ketangkasan Domba, penampilan domba kambing catwalk show, seni tari Jaipong asli Jawa Barat, seni beladiri Pencak Silat, bazaar, stand pameran produk peternakan, makan sate domba/kambing gratis, dan gerai UMKM.

Kontes Ternak Domba memperlombakan kategori Raja Kasep, Ratu Bibit, Raja Petet, Raja Pedaging, dan Kelas Ekstrem. Sedangkan Kontes Ternak Kambing memperlombakan kategori Pejantan 0 Poel, Pejantan Poel, Bibit 0 Poel, Bobot Poel, dan Kelas Ekstreem.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan motivasi masyarakat untuk beternak domba dan kambing di wilayah Kabupaten Bogor, serta menghidupkan sektor UMKM, pariwisata, dan ekonomi kreatif masyarakat Kabupaten Bogor.

Dalam acara ini, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor bekerja sama dengan berbagai stakeholder terkait untuk menciptakan bibit unggul domba dan kambing serta menjalin komunikasi dan kerja sama antar peternak domba dan kambing.

Acara semakin meriah dengan adanya 2.023 tusuk sate yang dibagikan secara gratis kepada para pengunjung acara.

Peserta Kontes Ternak pada kegiatan ini sekitar 419 peserta yang berasal dari berbagai komunitas dan peternak di Jawa Barat, bahkan beberapa peternak datang dari Provinsi lain seperti Banten. Dengan rincian pemenang kontes sebagai berikut:

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor, Dra. Nurhayati MSi, menyatakan acara ini merupakan kegiatan yang sangat mendukung pengembangan usaha peternakan kambing dan domba serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas, khususnya di wilayah Kabupaten Bogor. jai

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media