Friday, 24 May 2024

Search

Friday, 24 May 2024

Search

Manchester City vs Real Madrid, Siapa Terjungkal? 

Manchester City kembali akan menghadapi Real Madrid.

 MANCHESTER – Manchester City akan menghadapi Real Madrid pada leg 2 perempat final Liga Champions yang berlangsung di Stadion Etihad, Kamis (18/4) pukul 02.00 WIB.

Kedua tim punya peluang yang sama untuk lolos ke babak berikutnya. Pasalnya pada leg pertama, di Santiago Bernabeu minggu lalu,  laga berakhir 3-3.  Momentum kini berada di tangan juara bertahan, Manchester City, lantaran bertindak sebagai tuan rumah dengan dukungan penuh supporter.

Di sisi lain, beban berat tertuju kepada Real Madrid. Sepanjang sejarah pertemuan di ajang ini, Los Blancos tercatat belum pernah menang ketika bertandang ke markas Man City. Dengan dihapusnya regulasi gol tandang, maka kedua tim dipaksa untuk memetik kemenangan.

Jelang laga itu,  situasi menantang agaknya dihadapi Manchester City. The Citizens memang punya rekor kandang yang bagus atas Madrid, tapi mereka tengah dipaksa untuk memulihkan skuadnya.

Cedera pemain jadi masalah. Kemungkinan masih akan absen beberapa pilar penting, termasuk Kyle Walker, Phil Foden, hingga Ederson Moraes. Kubu City mesti piawai mengatur rotasi, pasalnya mereka juga masih terlibat persaingan sengit di Liga Inggris (EPL).

Manajer City, Pep Guardiola, dituntut lihai menghadapi situasi ini. Guardiola kemungkinan mengistirahatkan sejumlah pemain, seperti Rodri, Bernardo Silva, John Stones, hingga Jack Grealish.

“Jika Anda mempunyai pemain yang tidak ingin bermain, dia tidak akan bermain. Ini adalah masalah energi mental. Tetapi di laga nanti, tidak ada yang dikhawatirkan. Semua pemain yang ada sudah siap,” kata Guardiola dikutip dari Eurosport.

Rotasi pemain Man City sejauh ini masih membawa hasil bagus. The Citizens menang 5-1 atas Luton Town di EPL akhir pekan lalu, yang sekaligus memperpanjang rekor tak terkalahkan dalam 27 laga. Hasil itu juga mendongkrak City ke tangga teratas klasemen EPL, dengan keunggulan 2 poin atas Arsenal dan Liverpool.

Torehan baru lain adalah kembali terbukanya keran gol sang bomber andalan, Erling Haaland. Dari 5 laga terbaru, Haaland hanya bisa mencetak 2 gol. Sedangkan sosoknya juga kerap diragukan bisa bersinar ketika bermain di laga besar. Lesakan 1 gol di EPL akhir pekan lalu diharapkan bisa memantik kebangkitan Haaland.

Di pihak lain,  Real Madrid dalam misi membuat sejarah untuk memetik kemenangan perdana di Stadion Etihad. Ketika laga musim lalu, Los Blancos bahkan mesti menelan kekalahan 0-4 di tempat yang sama.

Madrid relatif memiliki modal bagus jelang laga kali ini. Pelatih Carlo Ancelotti bakal menurunkan komposisi pemain terbaik yang ia miliki. Kecuali Thibaut Courtois dan David Alaba yang memang sudah lama terbelit cedera, serta Aurelien Tchouameni yang terkena akumulasi kartu.

El Real juga masih dalam tren positif, usai memetik kemenangan tipis 1-0 di markas Mallorca dalam lanjutan Liga Spanyol (LaLiga). Hasil itu sekaligus memperpanjang rekor belum terkalahkan Real Madrid dalam 15 laga terakhir. “Kami baik-baik saja. Pertandingan melawan City tidak akan dimenangkan oleh fisik, melainkan karena sikap,” kata Ancelotti dikutip dari Marca.

Ancelotti meyakini skuadnya saat ini makin matang untuk menciptakan kemenangan di markas Man City. Torehan 15 laga tanpa kalah, ditambah posisi puncak di LaLiga dengan keunggulan 8 poin atas Barcelona, menjadi bukti klaim Don Carlo tersebut.

Laga lainnya,  Bayern Muenchen menjamu  Arsenal di  Stadion Allianz Arena, Munchen. Kedua tim juga punya peluang yang sama untuk lolos. Pada laga leg pertama, kedua tim bermain imbang 2-2.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media