Friday, 24 May 2024

Search

Friday, 24 May 2024

Search

Ilmuwan Ciptakan Sistem AI, Miliki Kemampuan Prediksi Kapan Seseorang Meninggal Dunia

JAKARTA(IM)- Terkadang teknologi kerap menghadirkan kemampuan yang mengesankan. Model kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh tim peneliti internasional ini telah menunjukkan kemampuan untuk memprediksi kejadian masa depan dalam kehidupan manusia, termasuk waktu kematianya.

Life2vec, model kecerdasan buatan yang diciptakan oleh para ilmuwan di Denmark dan Amerika Serikat. Model kecerdasan buatan ini disebut sebagai model transformator yang dilatih dengan data dalam jumlah besar untuk memprediksi berbagai aspek kehidupan seseorang.

Setelah menerima data dari catatan kesehatan dan demografi Denmark untuk enam juta orang, seperti waktu lahir, sekolah, pendidikan, gaji, perumahan, dan kesehatan, model AI ini dilatih untuk memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya.

Menurut penciptanya, Life2vec memiliki kemampuan untuk memprediksi kapan orang akan mati berdasarkan analisis data.

Misalnya, ketika diuji pada sekelompok orang berusia antara 35 dan 65 tahun, setengah dari mereka meninggal antara 2016 dan 2020, model ini mampu memprediksi siapa yang akan mati dan siapa yang akan hidup dengan akurasi sebesar 78 persen.

Namun, hasilnya mungkin tidak sama bagi orang-orang di negara lain, karena tim peneliti yang dipimpin oleh Profesor Sune Lehmann Jorgensen di Technical University of Denmark menunjukkan bahwa Life2vec dilatih secara eksklusif berdasarkan data dari Denmark.

Selanjutnya, Jorgensen menekankan bahwa model seperti ini tidak boleh digunakan oleh perusahaan asuransi dengan berbagai kurangnya pengetahuan tentang siapa yang akan menjadi orang yang tidak beruntung, terkena suatu insiden, atau kematian. Life2vec saat ini tidak tersedia untuk digunakan oleh publik.

Namun, pembuatnya menduga model serupa telah dikembangkan dan digunakan oleh perusahaan teknologi besar yang memiliki data dalam jumlah besar untuk melatih mereka.

Terlepas dari implikasi etis dari penggunaan model AI yang mampu memperkirakan berapa lama Anda dapat hidup dengan akurasi yang mencengangkan ini, terdapat satu keuntungan yang tidak dapat disangkal yaitu prediksi seperti itu dapat membantu mencegah kematian dini.tom

Frans C. Gultom

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media