Tuesday, 05 March 2024

Search

Tuesday, 05 March 2024

Search

Australia Mampu Tampil Konsisten

Jackson Irvine saat menghadang Marcelino Ferdinan.

AL RAYYAN – Indonesia menyerah 0-4 dari Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023. Gelandang Socceroos Jackson Irvine  menyebutkan timnya mampu tampil konsisten serta lebih superior dibanding Tim Garuda.

Bermain di Stadion Jassim Bin Hamad, Minggu (28/1) malam WIB, gol-gol kemenangan Australia dicetak lewat bunuh diri Elkan Baggott di menit ke-12, Martin Boyle (45′), Craig Goodwin (89′) dan Harry Souttar (90+1).

Indonesia sebetulnya berupaya memberi perlawanan, khususnya di babak pertama. Catatan 48 persen penguasaan bola dan lima percobaan yang dilepaskan Marselino Ferdinan dkkk sepanjang laga juga menunjukkan hal tersebut.

Hanya saja barisan belakang Australia, yang terbukti tangguh sejak fase grup, memang sulit ditembus Indonesia. Sebaliknya, tim asuhan Graham Arnold mampu memaksimalkan celah-celah yang muncul di pertahanan Garuda untuk mencetak gol.

Irvine mengakui determinasi Indonesia sebagai upaya menandingi timnya, namun pada akhirnya pengalaman kedua tim jadi pembeda. Australia melaju dengan meyakinkan demi menjaga asa menjadi juara Asia.

“Kami tahu Indonesia akan tampil lepas tanpa beban. Di babak pertama mereka menyulitkan kami dengan energi dan intensitas yang ditunjukkan, tapi saya pikir pengalaman dan profesionalisme kami berbicara di babak kedua. Kami lebih baik dari mereka. Tim seperti inilah yang kami mau: berpengalaman, konsisten hingga akhir dan akhirnya mencetak gol demi melengkapi performa bagus,” ujar Irvine, dikutip The Guardian

Ia juga menilai, timnya tetap tampil tenang di babak kedua. “Saya sungguh senang melihat penampilan di babak kedua. Kami tetap tenang.  Kami bermain dengan cukup baik,” tandas pemain St. Pauli tersebut.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media