Yayasan Tzu Chi Indonesia Bersama Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya Salurkan Bantuan Beras dan Masker Medis untuk Warga Jadetabek

Penyerahan paket beras kepada perwakilan warga dilakukan oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran dan relawan Tzu Chi Indonesia Hong Tjhin.

JAKARTA–Yayasan Tzu Chi Indonesia yang didukung Pengusaha Peduli NKRI bersama dengan Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya Rabu (10/3) lalu mulai menyalurkan 150 ton beras dan 300 ribu pcs masker medis untuk membantu ketahanan pangan masyarakat yang terdampak Covid-19 di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran dan relawan Tzu Chi Indonesia Hong Tjhin melepas keberangkatan 15 truk yang mengangkut 150 ton beras ke masing-masing Kodim di wilayah Jakarta.

         

Ketua Tim Tanggap Darurat Tzu Chi Indonesia Joe Riadi menyatakan kegiatan penyaluran bantuan dalam rangka perayaan Imlek Nasional 2021 ini dilakukan sesuai arahan pemerintah untuk membantu masyarakat kurang mampu di masa pandemi ini, khususnya di Pulau Jawa.

Pandemi Covid-19 sendiri sudah berlangsung lebih dari satu tahun di Indonesia. Dan sangat berdampak kepada kehidupan masyarakat.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman didampingi para donatur yang tergabung dalam Pengusaha Peduli NKRI dan Panitia Imlek Nasional 2021 memberikan keterangan ke awak media.

          CEO DAAI TV Indonesia Hong Tjhin menyatakan di tengah pandemi ini perayaan Imlek 2021 dirayakan dengan penuh kesederhanaan.

“Kami yang tergabung dalam Pengusaha Peduli NKRI bekerjasama dengan TNI-Polri serta pemerintah daerah akan menyalurkan 1 juta paket beras dan 20 juta masker medis untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,” katanya.

Para donatur dari Pengusaha Peduli NKRI dan organisasi lainnya berfoto bersama.

Hong Tjhin menambahkan penyaluran paket beras ini akan berlangsung bulan Maret hingga Juni 2021. Khusus untuk wilayah Kodam Jaya, Tzu Chi segera menyalurkan 150 ton beras dan 300 ribu masker medis.

Yayasan Tzu Chi Indonesia bersama Pengusaha Peduli NKRI dan organisasi lainnya merasa bersyukur dapat berbagi kebahagiaan di Tahun Baru Imlek.

“Beras 10 Kg dan 20 lembar masker medis ini akan habis pada saatnya. Namun kami berharap kehangatan dan perhatian serta cinta kasih yang terkandung di dalamnya akan berlangsung sepanjang masa,” jelas Hong Tjhin.

          Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, Rabu (10/3) lalu secara simbolis melepas keberangkatan 150 ton beras dari Tzu Chi Indonesia di Kodam Jaya.

Pangdam Jaya dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya.

“Semoga tali persaudaraan yang luar biasa ini akan terus terjalin dan semakin erat. Juga kehidupan bergotong royong dan saling peduli kepada sesama, sehingga rakyat Indonesia khususnya di wilayah Jakarta ini akan semakin membaik di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

          Dalam kesempatan tersebut, Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Mohammad Fadil Imran dan relawan Yayasan Tzu Chi Indonesia secara simbolis memberikan paket kepada lima orang warga Jakarta.

Dan selanjutnya Babinsa, Babinkamtibmas, dan pemerintah daerah akan memberikan beras ini secara door to door atau langsung mendatangi rumah warga.

          Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman menjelaskan di tengah pandemi Covid19 ini, TNI-Polri wajib hadir di tengah-tengah masyarakat dan siap untuk membantu warga yang kesulitan, khususnya warga Jakarta yang terdampak Covid-19.

“Banyak warga yang kehilangan mata pencaharian ataupun berkurang penghasilannya di masa pandemi ini,” kata Pangdam Jaya.

          Dalam penyaluran bantuan, anggota TNI–Polri harus mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah, seperti menggunakan masker, menjaga jarak serta mencegah adanya kerumunan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sebanyak 15 truk TNI dan Polri berjajar di halaman Gedung Jendral TNI Umar Wirahadi Kusuma Kodam Jaya.

Dalam mencegah kerumunan warga dalam pembagian bantuan ini, Pangdam Jaya menginstruksikan Kodim-Kodim untuk memberikan bantuan secara langsung ke rumah warga. Bantuan yang diberikan kepada setiap warga berupa beras 10 kg dan 20 buah masker medis. idn/din

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp