Tuesday, 16 April 2024

Search

Tuesday, 16 April 2024

Search

Yayasan Shaolin Indonesia Dan Yayasan Rumah Hati Suci Rayakan Cap Go Meh Dan Soft Opening Shaolin Xiu Cultural Center Indonesia

(ki-ka) Master Shi Yan Hao、Joseph Dharmabrata, Ety Kusmiaty MA、Ricky Gunawan, Koramil dan Binmas, Alex Santoso dan Soegianto Nagaria.

JAKARTA–Yayasan Rumah Hati Suci bersama-sama Yayasan Shaolin Indonesia merayakan Cap Go Meh  Tahun Baru Imlek 2023 (Tahun Kelinci Air) bertempat Panti Asuhan Hati Suci, Jl.Hati Suci No.2, di Kampung Bali Jakarta, Minggu (5/2)  lalu.

         Dalam perayaan Cap Go meh ini, ditampilan beberapa atraksi dari para murid/siswa dan pembimbing Shaolin Xiu, sebagai wujud telah dilakukannya pendidikan/pelatihan Shaolin di Indonesia. Dan sekaligus sebagai Soft Opening Shaolin Xiu Cultural Center Indonesia dihadapan para tamu dan undangan.

Lurah Ety Kusmiaty MA dan Alex Santoso membubuhkan tinta mata barongsai.

         Selain Ricky Gunawan (Ketua Yayasan Shaolin Indonesia), Alex Santoso, (Dewan Pembina Shaolin Xiu Indonesia), Joseph Dharmabrata (Dewan  Yayasan Rumah Hati Suci), Ronald Soewandi, Ketua Yayasan Rumah Hati Suci, Master Shi Yanhao (murid asli Kuil Shaolin di China), Ety Kusmiaty MA, Lurah Kampung Bali beserta jajaran, tamu kehormatan,  tokoh dan pengusaha Soegianto Nagaria dan undangan lainnya, turut hadir memeriahkan acara.

         Ricky Gunawan, Ketua Yayasan Shaolin Indonesia, dalam sambutannya menyampaikan bahwa budaya Shaolin memiliki sejarah yang panjang dan luas serta mendalam. Diciptakan oleh Sangha Shaolin yang mengintegrasikan berbagai budaya, Hal ini juga dapat menjadi pertukaran budaya dan kerja sama antara Tiongkok dan Indonesia.

Foto bersama siswa  dan pengurus yayasan.

         Dewan Yayasan Rumah Hati Suci, Joseph Dharmabrata mengatakan bahwa belajar Shaolin tidak hanya dapat melatih tubuh, tetapi juga berfungsi meningkatkan kualitas fisik dan mental, menumbuhkan semangat kebangsaan, dan melestarikan  budaya sehat dan kuat.  Yayasan Shaolin Indonesia dan Yayasan Hati Suci diharapkan dapat bekerja sama di masa mendatang untuk bersama-sama meneruskan budaya tradisional Shaolin lebih  mendalam.

Dewan Pembina Shaolin Xiu Indonesia Alex Santoso menjelaskan asal usul dan perkembangan Shaolin.

Atraksi Master Shi Yanhao.
Atraksi Gerakan Shaolin.

Dia mengatakan selain Kuil Shaolin sendiri, ada dua hal lain di Shaolin yang sangat terkenal, yaitu meditasi dan Kungfu Shaolin. Kuil Lin bukan hanya tempat kelahiran Buddhisme Zen, tetapi juga tempat kelahiran Kung Fu Tiongkok.

Kini telah Shaolin Xiu telah tersebar ke berbagai Negara diantaranya di Amerika Serikat, Kanada, Australia, Inggris, Jerman, Italia. Di Indonesia Shaolin Xiu bekerja sama dengan Joseph Dharmabrata selaku  Dewan Yayasan Hati Suci.

Secara terpisah master Shi Yanhao(pelatih) yang telah mendapatkan ijin secara resmi dari Abbot Shi Yongxin menjelaskan bahwa banyak manfaat bila mengikuti ajaran Shaolin XiuShaolin Xiu ini, diantaranya tetap terpelihara kebugaran, selalu berfikir jernih dan memiliki kelebihan dari orang orang sekitar.

Atraksi shaolin dengan tongkat.

Yayasan Hati Suci menekankan pentingnya pendirian Shaolin Center adalah pentingnya Kesehatan. Karena sehat jasmani dan rohani adalah dambaan dalam kehidupan.

Diharapkan pengembangan di Indonesia, menjadikan masyarakat Indonesia memiliki kwalitas kesehatan dan kehidupan lebih baik. bam

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media