International Media

Minggu, 22 Mei 2022

Minggu, 22 Mei 2022

Yayasan Muslim Sinar Mas Land Gelar Program Berantas Buta Al-Qur’an Bersama 50 Masjid di Balikpapan

Panji Himawan (kedua dari kanan) didampingi Limjan Tambunan (Kalimantan & Sulawesi Division Head Sinar Mas Land) bersama Ahmari Siddiq dan Muslikh Umar usai penandatanganan kerja sama, Minggu (24/4). (Foto-foto: Sinarmas Land)

BALIKPAPAN – Bulan Ramadan merupakan momentum yang baik untuk mempelajari, membaca, memahami, dan mengamalkan Al-Qur’an. Seiring dengan hal itu,  Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) menginisiasi sebuah program cara cepat membaca Al-Qur’an bernama Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ) 2022. 

Program ini bekerja sama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Balikpapan dan Yayasan Mama Papa dan diluncurkan pada Minggu (24/4) di gedung Marketing Office Grand City Balikpapan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kegiatan BBQ tahun ini merupakan yang keempat kali sejak diluncurkan pertama kali pada 2018. Setelah sukses dengan program BBQ tahun 2018, 2019 dan 2021 yang memberikan training of trainers (ToT) kepada 744 ustaz dan guru mengaji dari 199 masjid/musala/TPA di BSD City, Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, dan Grand Wisata Bekasi.

Panji Himawan, didampingi Muslikh Umarsecara simbolis menyerahkan buku dan alat peraga kepada perwakilan ustazah/guru mengaji. 

Senior VP Corporate Communication Sinar Mas Landyang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Yayasan Muslim Sinar Mas Land,Panji Himawan mengatakan, program BBQ merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan YMSML.

“Kali ini, kami bekerja sama dengan BKPRMI Balikpapan untuk memperkenalkan metode cepat membaca Al-Qur’an kepada umat muslim di wilayah Kota Balikpapan. Kami harap program BBQ dapat menjadi solusi umat Islam dalam mempelajari dan membaca Al-Qur’an dengan mudah serta menyenangkan. Kegiatan BBQ juga sebagai kelanjutan dan melengkapi program Wakaf Al-Qur’an untuk Negeri yang secara berkala dilaksanakan oleh YMSML,” kata Panji dalam keterangannya, Senin (25/4).

Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Balikpapan, Muslikh Umarmenyampaikan, sangat menyambut baik kolaborasi program BBQ yang diinisiasi oleh YMSML.

“Terima kasih telah mempercayakan tim BKPRMI Balikpapan untuk menjadi bagian dari pengenalan cara cepat membaca Al-Qur’an kepada umat muslim di wilayah Kota Balikpapan Kalimantan Timur. Kami harap program ini dapat terus berlanjut di seluruh penjuru Nusantara agar dapat membangun generasi muda islam yang berkarakter qur’ani dan akhlakul karimah,” ujarnya.

Foto bersama Panji Himawan,  Limjan Tambunan,  Ahmari Siddiq, Muslikh Umar, perwakilan ustaz/ustazah atau guru mengaji dan lain-lain usai penyerahan  buku dan alat peraga.

Program BBQ memberikan pelatihan atau training of trainer (ToT) secara intensif kepada ustaz dan guru mengaji selama 3 jam. Selama pelatihan, para peserta juga dibekali buku panduan dan alat peraga agar mudah memahami metode tersebut. Selanjutnya, ustaz atau guru mengaji tersebut akan menerapkan metode pengajaran dengan sistem Mama Papa kepada anak didik mereka.

Pada kesempatan yang sama Pencipta dan Penulis Buku Metode Mama Papa, Ustaz Muhammad Taslim menambahkan, Buku Metode Membaca dan Al-Qu’an Mama Papa ini telah diperkenalkan kepada masyarakat sejak 1999. “Buku ini memperkenalkan 29 huruf hijaiyah dengan menggunakan pendekatan cerita dan bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami.  Terdapat empat cerita utama yang memperkenalkan tentang huruf-huruf hijaiyah. Cara ini membuat masyarakat, khususnya anak-anak dapat dengan mudah menghafal huruf tersebut hanya dalam waktu singkat,” ujarnya.

Program BBQ dimulai Minggu (24/4) dan akan ditutup bertepatan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 8 Oktober 2022. Pada acara tersebut akan diselenggarakan lomba baca Al-Qur’an antar anak didik dari 50 masjid yang telah mengikuti program BBQ dengan kategori usia 4-15 tahun dan total hadiah sebesar Rp42 juta.

Pada tahun-tahun sebelumnya, puncak acara BBQ yakni lomba baca Al-Qur’an dengan metode Mama Papa diikuti 3.404 murid taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) di sekitar kawasan BSD City, Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, dan Grand Wisata Bekasi. Program BBQ dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan sosial keagamaan bagi warga masyarakat di sekitar lingkungan proyek Sinar Mas Land.***

Vitus DP

Komentar

Baca juga