Friday, 27 January 2023

Friday, 27 January 2023

WIKA Garap Proyek Pengolahan Air Limbah Rp3,3 Triliun

JAKARTA  – PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) menggarap proyek pengolahan air limbah. WIKA yang tergabung dalam Konsorsium Obayashi-Jaya Konstruksi – JFE Engineering ini, ditunjuk oleh Kementerian PUPR untuk mengerjakan Jakarta Sewerage Development Project (JSDP) dengan kontrak senilai Rp3,33 triliun.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam Kontrak Kerjasama yang ditandatangani oleh PPK Air Minum dan Sanitasi Satker Pelaksanaan Prasarana Pemukiman Wilayah Jakarta Metropolitan, Sean Alva Yasin dengan Masao Hino sebagai perwakilan Konsorsium di Jakarta.

Adapun, proyek gagasan Kementerian PUPR ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan, melalui pelayanan air limbah domestik yang berkualitas di DKI Jakarta. Selain itu, proyek ini merupakan salah satu prioritas pembangunan infrastruktur air limbah di DKI Jakarta yang diharapkan dapat melayani 80% populasi pada Kawasan Pluit dan ditargetkan dapat beroperasi dalam 54 bulan.

“Proyek ini merupakan wujud dukungan WIKA untuk peningkatan kesehatan masyarakat Jakarta yang bebas limbah, melalui pembangunan sistem Pengelolaan Air Limbah Terpusat,” kata Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito dalam keterangan resminya, dikutip Selasa (27/12).

Agung menjelaskan bahwa, melalui kerja sama dalam KSO Obayashi – WIKA – Jakon – JFE. WIKA dengan porsi sebesar 20% sendiri akan mengerjakan JSDP Zona 1 yang akan berlokasi di Pluit, Jakarta Utara dan ditargetkan akan melayani tiga kota administrasi yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Jakarta Utara.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media