Waspada DBD di Tengah Pandemi Covid-19

JAKARTA– Memasuki musim hujan, penyakit demam berdarah dengue (DBD) pun mulai mengintai masyarakat. Tanpa disadari penyakit ini dapat muncul di tengah pandemi covid-19 yang sedang menjadi fokus penanganan.

Oleh karena itu, semua orang diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman berbagai penyakit, terutama DBD. Salah satu cara mencegah DBD yakni dengan menerapkan 3M Plus.

Dirangkum dari unggahan akun Instagram Kementerian Kesehatan @kemenkes_ri, Kamis (16/9), berikut cara menerapkan 3M Plus untuk mencegah DBD di lingkungan rumah.

1. Menguras tempat penampungan air. Jangan lupa bersihkan dinding penampungan air juga, sebab pada bagian itu juga telur nyamuk biasa menempel.

2. Menutup rapat tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Salah satunya membalik pot-pot bunga agar tidak menimbulkan genangan air yang menjadi tempat bagi nyamuk untuk bertelur.

3. Memanfaatkan kembali atau daur ulang limbah barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk demam berdarah.

Upaya pencegahan tambahan (plus) lainnya adalah:

1. Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk.

2. Obat anti-nyamuk.

3. Memberikan larvasida pada penampungan air.

4. Menanam tanaman pengusir nyamuk.***

Frans Gultom

Frans Gultom

Tulis Komentar

WhatsApp