Wednesday, 08 February 2023

Wednesday, 08 February 2023

Warga Waswas Lintasi Jalur Tengkorak Pelabuhan Sunda Kelapa

Jalan Lodan Raya, Jakarta Utara di depan Pelabuhan Sunda Kelapa, kerap menyebabkan pengendara sepeda motor terjatuh. Bahkan beberapa di antaranya terlindas truk hingga meninggal dunia.

JAKARTA- Salah satu warga bernama Ibnu (27), merasa khawatir saat melintas di Jalan Lodan Raya, Pademangan, Jakarta Utara, di depan Pelabuhan Sunda Kelapa. Pasalnya, ruas jalan itu kerap menyebabkan pengendara sepeda motor terjatuh, bahkan sampai terlindas truk.

“Sebagai pengguna jalan, rawan sih Jalan Lodan Raya ini soalnya banyak truk tronton, truk-truk bawa petikemas dari Pelabuhan Sunda Kelapa pas banget di depannya ada jalur padat kendaraan,” kata Ibnu saat ditemui, Rabu (4/1).

Meski merasa khawatir, pria yang sehari-hari bekerja di daerah Ancol, Jakarta Utara, ini tak memiliki alternatif jalan lain. Sehingga, mau tak mau dia harus melintasi Jalan Lodan Raya menggunakan sepeda motornya untuk bekerja. “Kalau di Jakarta Utara pasti khawatir karena jalur utama kayak gini untuk jalur tronton, tapi enggak ada pilihan (jalan) lain,” imbuh dia.

Ibnu sendiri pernah terpeleset di jalan tersebut, meski tak sampai mengalami luka-luka. Sepengetahuannya, kecelakaan lalu lintas kerap terjadi di Jalan Lodan Raya di depan Pelabuhan Sunda Kelapa. Pada 2022, misalnya, dia sempat melihat kecelakaan yang melibatkan pengendara motor dengan truk tronton. Ibnu tak mengingat jelas waktu kejadian, tetapi saat itu pengendara motor terjatuh lalu terlindas tronton hingga meninggal dunia.
“Kalau selama 2022 dua kali kayaknya (terjadi kecelakaan) dan itu waktunya berdekatan, selang semingguan. Bulannya saya lupa, jatuh di sini terus kelindes sama truk yang lagi jalan dari arah Pluit ke Ancol,” ucap Ibnu.

Ibnu pun berharap agar ada jalur khusus bagi kendaraan kecil untuk bisa melintas di jalan tersebut. Sehingga, kejadian serupa tak berulang kembali.

Anto (33), salah satu pedagang yang tiap harinya berjualan tak jauh dari Pelabuhan Sunda Kelapa, juga mengonfirmasi kerap terjadinya kecelakaan sepeda motor di Jalan Londan Raya.  Selama setahun terakhir, ia menyaksikan langsung setidaknya ada tiga pengendara motor tewas usai terlindas.

Menurut Anto, jalanan yang berpasir dan licin membuat pengendara sering terpeleset. Banyaknya pasir di jalan itu diduga berasal dari truk bermuatan besar yang berlalu-lalang. “Pasti ada aja yang kelindes. Setahun bisa tiga orang yang kelindes depan sini,” kata Anto.

Berdasarkan catatan, ada sejumlah kecelakaan yang terjadi di lokasi ini. Pada Jumat (7/10/22), seorang pengendara sepeda motor meninggal dunia di depan pintu masuk Pelabuhan Sunda. Korban berinisial AN (51) itu mengembuskan napas terakhir usai terlindas truk kontainer. Truk yang mengangkut asbes tersebut menabrak dan melindas korban, sekitar pukul 14.30 WIB. Kemudian pada Jumat (14/10/22) malam, penumpang sepeda motor tewas terlindas truk di ruas jalan tersebut.  Korban yang diketahui berinisial IR mengalami luka parah di kepala, dan langsung meninggal dunia di tempat.  ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media