International Media

Minggu, 2 Oktober 2022

Minggu, 2 Oktober 2022

Warga Tionghoa Kota Palembang Lakukan Sembahyang Cheng Beng

Warga Tionghoa melakukan ritual Cheng Beng di Pemakaman Talang Kerikil Palembang.

PALEMBANG–Puluhan ribu warga Kota Palembang sejak sepekan lalu telah menyelenggarakan Perayaan Cheng Beng.

Puncak ritual sendiri rencananya akan berlangsung pada Selasa (5/4).

Ketua Pelaksana Perayaan Cheng Beng 2022 di Palembang Chandra Husien mengungkapkan perayaan ini memiliki makna sakral bagi generasi sekarang ini. Bahkan kegiatan perayaan ini  setiap tahunnya diselenggarakan di TPU Talang Kerikil yang merupakan makam ribuan warga Tionghoa yang ada di Kota Palembang dan sekitarnya.

          “Cheng Beng itu tradisi yang universal dan semua keturunan Tionghoa pasti melakukannya. Namun memang, bila di hari biasa itu bisa kapan saja. Namun untuk saat ini, biar lebih gampang ada waktu dari tanggal 2-5 April.

Jumlah peziarah pada Minggu (3/4) lalu sangat banyak. Yang datang tidak hanya dari Palembang, namun ada juga dari luar negeri. Karena memang, biasanya mereka ini akan pulang untuk berziarah baik itu ke makam leluhur, orangtua, kerabat, dan keluarganya,” terang Chandra Husien.

          Chandra Husien menambahkan, aktivitas warga yang berziarah ini, tidak lain berdoa dan membersihkan makam sekaligus juga mengenang orang yang meninggal itu sendiri.

Selain saat ini, biasanya juga dirayakan pada H-10 sampai ke H+10.

Meski demikian, hal ini juga bisa dilakukan di hari biasa saja.

“Bedanya kalau hari biasa di luar Cheng Beng, kita harus menunggu hari baik untuk berziarah. Cuma kalau hari Cheng Beng kapan saja bisa dilakukan oleh warga Tionghoa,” pungkasnya. idn/din

Sukris Priatmo

Komentar

Baca juga