International Media

Kamis, 29 September 2022

Kamis, 29 September 2022

Walkot Jaktim M Anwar dan Fadel Muhammad Apresiasi Festival Mooncake yang Digelar PINTI di Old Shanghai

Para hadirin bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

JAKARTA–Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar bersama Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad membuka Festival Mooncake yang digelar PINTI (Perempuan Indonesia Tionghoa), di Old Shanghai, Sedayu City, Jakarta Timur, Sabtu (10/9) malam.      

Wali Kota M. Anwar bersama Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad memukul tambur pembukaan Festival Mooncake.

         Festival Mooncake yang berlangsung 10-11 September tersebut menyuguhkan  pentas seni budaya Betawi Tionghoa dan Gorontalo, serta bazar UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).

         Wali Kota M. Anwar dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada PINTI yang telah menyelenggarakan Festival Mooncake.

Teddy Sugianto memberikan plakat ke Fadel Muhammad.
dr Metta Agustina memberikan plakat ke Wali Kota M. Anwar.

“Kegiatan ini mempererat silaturahmi serta mempertahankan etnis dan budaya, apalagi Jakarta memiliki multi etnis dan budaya yang harus dipertahankan kebhinekaannya,” ujarnya.

Dia menambahkan, adanya bazaar UMKM di festival ini, merupakan salah satu upaya dalam memulihkan perekonomian di tengah pandemi Covid 19.

         “Harapannya yang jelas, perekonomian kita akan bergulir lebih baik setelah terpuruk dengan adanya pandemi Covid. Kedua, dengan adanya kenaikan BBM, diharapkan masyarakat dapat merasakan kegiatan ini untuk meningkatkan ekonomi mereka, karena memang pemerintah mengadakan bazar-bazar festival seperti ini, saya sendiri sebagai Wali Kota, salah satu program Kami Jakarta Timur adalah meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Wali Kota M. Anwar dan isteri, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dan isteri, Teddy Sugianto dan isteri berfoto bersama dr Metta Agustina dan jajaran.
Penampilan paduan suara PINTI.

         Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mengatakan, dengan adanya Festival Moncake menyatukan semua dalam Bhineka Tunggal Ika, dengan beragam budaya yang ada di Jakarta. Di sisi lain juga meningkatkan ekonomi, terutama dengan hadirnya bazar UMKM.

         “Kami dari MPR sangat mengapresiasi kegiatan ini,” ucapnya.

         Sementara itu Ketua Umum Perhimpun INTI (Indonesia Tionghoa) Teddy Sugianto menyampaikan bahwa yang menjadi catatan penting dalam acara ini, selain memperkenalkan seni budaya Tionghoa yang juga merupakan bagian dari kekayaan budaya bangsa Indonesia.

Suguhan atraksi taiji oleh ADYTI.

“Pada acara ini juga diberikan ruang bagi para pelaku UMKM untuk ambil bagian, semoga tradisi seperti ini bisa ditularkan ke acara-acara INTI lainnya dalam rangka pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi, sesuai dengan tema 77 tahun HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,” ujarnya.

PINTI merupakan organisasi sayap Perhimpunan INTI (Indonesia Tionghoa) yang dinahkodai oleh dr Metta Agustina. ***

Sukris Priatmo

Komentar

Baca juga