Wali Kota Tjhai Chui Mie : Guru Harus Miliki Metode Ampuh untuk Tingkatkan Minat Baca Siswa

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie (ketiga dari kiri) bersama Gubernur Kalimantan Barat (keempat dari kiri) berfoto bersama undangan lainnya pada acara 'Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM)'.

SINGKAWANG –Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengatakan acara Talkshow bertajuk ‘Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM)’ yang digelar Perpustakaan Nasional RI di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang Senin (5/4) lalu dan disiarkan secara online ini menjadi motivasi masyarakat khususnya di Kota Singkawang untuk meningkatkan minat baca mereka.

          Peningkatan minat baca ini tentunya akan ditindaklanjuti dengan aksi nyata. Dimana aksi nyata ini harus dilakukan melalui dinas terkait yaitu Dinas Pendidikan.

Guna memastikan agar para guru memiliki metode ampuh dalam mengajak para siswa khususnya di tingkat Sekolah Dasar untuk meningkatkan minat bacanya. Misalnya, guru dapat meminta murid untuk membaca. Kemudian menghafal dan menyampaikannya bacaanya kedepan kelas.

“Apabila hal ini dilakukan secara rutin maka akan membiasakan anak untuk membuka buku-buku mereka. Dengan diterapkannya hal ini, tentu efeknya sangat besar,” kata Tjhai Chui Mie.

Selain itu, sebelumnya Perpusnas juga pernah memberikan bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling untuk Kota Singkawang serta memberikan pojok baca digital (Pocadi).

          Wali Kota Tjhai Chui Mie berharap bantuan ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat. Terlebih saat ini sudah tersedia program Gerobak Pintar dan perpustakaan digital, iSingkawang Hebat di Kota Singkawang sebagai fasilitas membaca bagi masyarakat. idn/din

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp