International Media

Senin, 3 Oktober 2022

Senin, 3 Oktober 2022

Wagub DKI Jelang Purnatugas: Hampir Seluruh Program RPJMD Dilaksanakan

Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta.

JAKARTA- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengklaim hampir seluruh program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 sudah terealisasikan. Saat ini, pihaknya terus mengupayakan penuntasan RPJMD hingga purnatugas pada Oktober mendatang.
“Kalau menurut RPJMD sudah hampir semua program sudah kita laksanakan, kita realisasikan. Jadi sesuai dengan RPJMD sudah semua kita laksanakan. Tinggal refinishing beberapa program yang insyaallah selesai,” kata Riza di Thamrin 10, Jakarta Pusat, Minggu (11/9).
Di sisi lain, Riza juga menyadari pihaknya mesti melakukan percepatan penyerapan anggaran 2022. Menurutnya, hal ini perlu dilakukan dengan mengutamakan unsur kehati-hatian.
“Jangan sampai di akhir masa jabatan ini nanti tidak cermat itu jadi perhatian kita. Apalagi kita sekarang DKI alhamdulillah WTP, ini akan kami pertahankan sampai tahun tahun berikutnya,” tandasnya.
Riza juga menjamin program kerja yang terdapat di APBD DKI 2022 tetap berlanjut hingga Desember mendatang, sekalipun masa jabatannya berakhir pada 16 Oktober mendatang.
“Yang kita laksanakan di anggaran tahun ini sekalipun kita berakhir 16 Oktober nanti program jalan sampai Desember. Tapi tahun ini insyaallah selesai,” ujarnya.
Sebelumnya, Partai Demokrat DKI Jakarta mengapresiasi kinerja Anies Baswedan yang akan segera mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta pada bulan depan. Demokrat menilai kinerja Anies selama lima tahun memimpin Jakarta sudah baik, meskipun tidak sempurna.
“Kita apresiasi dong, masa orang udah diberikan amanah terus menyelesaikan selama lima tahun dengan kelebihan dan mungkin kekurangannya, masa kita nggak apresiasi sih,” kata Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono, kepada wartawan, Sabtu (10/9).
Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta itu mengatakan program-program Anies secara umum sudah dikerjakan sesuai rencana dari janji-janji Anies. Meskipun ada beberapa poin yang belum sesuai target, ia memaklumi karena pada 2019-2020 ada dampak pandemi COVID-19.
“Jadi secara umum udah terpenuhi lah RPJMD-nya, secara umum sudah lumayan. Kalau pun nggak sempurna ya kemarin kena pandemi 2 tahun kan. Jangankan pemerintah daerah, pemerintah pusat aja ada beberapa poin yang mungkin belum selesai karena faktor pandemi, dan itu sangat bisa dipahamilah,” ucapnya.
“Semua kan begitu, faktor dari sisi PAD yang jeblok dan terus kemudian dari sisi waktu karena pelaksanaannya terbatas karena faktor PPKM dan seterusnya, itu kan berpengaruh juga. Yang paling berpengaruh ya soal PAD yang hampir tidak sesuai dengan harapan, karena APBD 2019-2020 PAD-nya kan jeblok,” tambahnya.
Mujiyono menyebut dampak pandemi sangat berimbas pada ketersediaan dan keberlangsungan program-program pemerintah daerah, termasuk Pemprov DKI Jakarta. Menurutnya, Anies telah menjalankan program-programnya dengan baik meskipun tidak sempurna.
“Ya tidak sempurna, tapi baiklah. Walaupun belum tentu baik sekali karena pemerintah daerah yang lain yang masa jabatannya habis di waktu yang sama kan pasti ada problem yang sama,” ujarnya. ***

Prayan Purba

Komentar

Baca juga