Saturday, 13 July 2024

Search

Saturday, 13 July 2024

Search

Vihara Nan Hai Kuan Yin Gelar Sembahyang “Cioko/ Ulambana”

Para Bhiksu saat memimpin ritual.

JAKARTA—Vihara Avalokitesvara (Nan Hai Kuan Yin) di Jalan Daan Mogot II No.2,  Jakarta Barat, Minggu (27/8), menggelar Sembahyang “Cioko / Ulambana”.

         Sembahyang Cioko/Ulambana di vihara yang berada di bawah naungan Yayasan Santoso tersebut diikuti puluhan umat dan dipandu oleh Bhiksu Shi Zhen Ho dari Vihara Shi Zhi Yuan Kota Pu Tien, Provinsi Fu Jian, Tiongkok. (9 orang dan 2 orang pemusik).

Ketua Yayasan Sutedjo Budiman saat prosesi sembahyang.

         Prosesi dimulai sejak pukul 08.00 WIB, diawali dengan doa pembukaan mengundang Sang Buddha dan Para Dewa dalam acara pemberkatan umat dan pelimpahan jasa.

Sedangkan acara puncak dimulai pukul 18.00 WIB yakni upacara Yen Kou dengan tujuan mengurangi dan memperingan karma para arwah dengan cara pelimpahan jasa jasa kebajikan, agar secepatnya para arwah menuju Nirwana.

Pembina Yaysan Suhardjo Witarsa,saat prosesi sembahyang.

         Dalam prosesi akhir pada pukul 20.00 WIB, mengantar para arwah disimbolkan dengan membakar perahu dan berbagai simbol lainnya.

         Hadir dalam prosesi Sembahyang “Cioko / Ulambana”, Ketua Yayasan Santoso Sutedjo Budiman,  Pembina Suhardjo Witarsa, A Gi, Batara Inderajayanata, Hadi, Yanto, para pengurus Vihara dan jajaran pengurus lainnya.

Prosesi pembakaran  replika kapal.

Menurut Ketua Yayasan Santoso Sutedjo Budiman,  ritual Cioko/ulambana merupakan tradisi pelimpahan jasa, dimana arwah leluhur diundang dan didoakan agar diberi kemudahan menuju Nirwana.

Acara ini juga akan dilakukan pada Senin (28/8) hingga Rabu (30/8) di Vihara Dharma Sakti, Petak Sembilan, Jakarta Barat.

Ketua Yayasan Sutedjo Budiman, Pembina Yayasan Suhardjo Witarsa), A Gi, Bataradjaja Inderajayanata, jajaran pengurus lain dan para bhiksu berfoto bersama.  

         Suhardjo Witarsa menambahkan ritual doa juga ditujukan kepada seluruh staf, karyawan, Dewan Pengurus, Pembina Yayasan serta para Dermawan serta umat terus dalam keadaan sehat, berlimpah rejeki, usaha lancar, terhindar dari bencana.

Sementara untuk Sekolah Dharma Bangsa yang berada dalam satu gedung terus berkembang dan mencetak murid berprestasi. bam

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media