International Media

Minggu, 26 Juni 2022

Minggu, 26 Juni 2022

Vihara Dharma Jaya Toasebio Selenggarakan Perayaan HUT Kongco Cheng Goan Cheng Kun dan HUT Vihara Toasebio ke-271

Ketua yayasan Arifin Tanzil, Wihadi Sunito dan pengurus membuka prosesi sembahyang.

JAKARTA (IM) Vihara Dharma Jaya Toasebio, di Jalan  Kemenangan III No. 48, Petak Sembilan, Jakarta Barat, Selasa (21/6) lalu, menyelenggarakan perayaan HUT (Hari Ulang Tahun) Kongco Cheng Goan Cheng Kun dan HUT Vihara Toasebio ke-271.

         Sejumlah acara digelar di antaranya pada Senin (20/06), dimulai pukul 18.00 WIB, ditampilkan atraksi barongsai, dilanjutkan dengan lantunan musik tradisional gambang kromong, makan bersama dan pukul 00.00 WIB dimulai sembahyang bersama.

Ibu Aho mempimpin sembahyang.

         Lalu pada Selasa (22/06), dilakukan prosesi sembahyang Khai Kuang dipimpin oleh ibu Aho, dilanjutkan dengan pembakaran celengan emas dan perak.

Dan pada pukul 15.00 WIB atraksi Budaya Kursi Golok dari Kalimantan.  Pukul 19.00 WIB makan bersama dan kembali digelar atraksi Barongsai serta gambang kromong. Sedangkan pada Minggu (26/06), dilaksanakan pengobatan Tangsin.

Prosesi pemberkahan celengan emas dan perak.

         Ketua Yayasan Dharma Jaya Toasebio Arifin Tanzil menyampaikan bahwa sembahyang She Jit sebagai perwujudan syukur para pengurus dan umat serta harapan untuk tahun tahun mendatang  selalu mendapat berkah kesehatan, keselamatan dan rezeki.

“Saat terjadi pandemi tidak dapat dilakukan, karenanya tahun ini dilaksanakan, namun secara terbatas,” ujar Arifin.

Ketua Yayasan Arifin Tanzil, Wihadi Sunito dan jajaran pengurus lainnya berfoto bersama.

         Vihara Toasebio dikenal memiliki 20 altar yang terbagi menjadi dua,  satu ruang utama dengan 2 ruang lain di sisi kanan dan kiri.

Dewa Tuan Rumah adalah Cheng Goan Cheng Kun dewa penjaga kota yang dikeliliingi perairan. Vihara ini juga dikenal dipenuhi dengan lampion, lilin dan arsitektur bernuansa merah, dan baru saja melaksanakan peresmian Prasasti Sejarah Vihara Dharma Jaya Toase Bio, pada Sabtu (18/6).

Prosesi pembakaran Perahu dan celengan emas dan perak.

         Ada pun pada Selasa (21/6), prosesi sembahyang Khai Kuang dipimpin oleh ibu AHo dilanjutkan dengan pembakaran celengan emas dan perak, tampak wakil ketua   Marga Huang Jakarta Wihadi Sunito, tokoh Yunus Haddinotto dan sejumlah umat serta masyarakat sekitar vihara, termasuk jajaran pengurus. bam

Sukris Priatmo

Komentar

Baca juga