Verratti: Tekanan Ada di Pihak Inggris

Marco Verratti.

LONDON – Laga Italia kontra Inggris di final Piala Eropa 2020, Senin (12/7) dinihari WIB, diprediksi berjalan seru. Gelandang Italia Marco Verratti menilai tekanan lebih besar ada di Inggris yang belum pernah juara.

Inggris lolos ke final Euro 2020 usai mengalahkan Denmark di semifinal dengan skor 2-1 lewat babak perpanjangan waktu. Ini jadi final pertama Inggris di Piala Eropa.

Sebelumnya, pencapaian terbaik The Three Lions di Piala Eropa adalah semifinal pada 1968 dan 1996. Pada 1968, Inggris memenangi laga play-off perebutan tempat ketiga.

Laga Italia kontra Inggris di final Euro 2020 digelar di Stadion Wembley.

Verratti menyebut Gli Azzurri akan makin termotivasi menghadapi Inggris di kandangnya. Verratti juga melempar tekanan ke Inggris yang belum pernah juara Piala Eropa.

“Mereka akan punya keuntungan kandang dan juara di sana akan jadi mimpi buat mereka. Bermain di stadion besar akan memotivasi kami juga dan memberi kami kekuatan dengan atmosfer ini. Ada tekanan, khususnya di Inggris yang belum pernah juara Euro, jadi tim yang paling menikmati dan lebih berkepala dingin bisa punya keuntungan besar,” ujar Verratti dalam konferensi pers seperti dilansir Football Italia.

Italia sendiri sudah lama tidak juara Piala Eropa. Terakhir kali mereka jadi kampiun di turnamen ini adalah pada 1968. Setelahmya, Italia dua kali jadi runner-up Piala Eropa yakni pada 2000 dan 2012.

“Final mudah disiapkan, karena siapa pun yang main, apakah dari awal atau cuma satu meni, takan memberikan hidupnya untuk tim ini. Ini adalah momen yang mungkin tidak akan pernah terulang, meski kami berharap bisa terulang lagi,” kata Verratti.

Laga nanti akan dipimpin wasit Bjorn Kuipers asal Belanda. Apakah sang  pengadil bakal terpengaruh atmosfer Wembley? Verratti, meyakini hal-hal semacam itu takkan terjadi.  “Akan ada wasit hebat yang akan memainkan pertandingan hebat, dan tidak akan membiarkan dirinya terpengaruh oleh atmosfer Wembley. Ofisial ini sudah terbiasa dengan pertandingan Liga Champions, jadi kami tidak takut,” kata Verratti. ***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp