Ujian HSK Online (Home) Semarang Test Point Diikuti 336 Peserta

Guru pengawas Semarang Test Point.

SEMARANG– Semarang Test Point pada Sabtu (13/3) lalu sukses menyelenggarakan ujian HSK, HSKK, YCT Online (Home).

Meski terdampak wabah Covid-19 sekaligus untuk memenuhi kebutuhan peserta ujian HSK maka sejak Mei lalu, Semarang Test Point secara berturut-turut telah menyelenggarakan sejumlah tes HSK Online (Home).

Suasana ujian HSK Online (Home).

Setiap kali penyelenggaraan ujian ratusan peserta ujian dari seluruh Indonesia mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian tersebut.

Mereka sebagian besar adalah mahasiswa yang ingin mengajukan beasiswa bahasa Tionghoa dan mahasiswa yang sedang belajar di berbagai niversitas di Tiongkok.

Simulasi ujian dan presentasi.

Ujian HSK online (Home) ini  memudahkan peserta untuk mengikuti ujian selama wabah Covid-19 ini. Peserta ujian hanya perlu menggunakan komputer di rumah untuk mengikuti ujian.

Ujian HSK Online (Home) ini adalah yang pertama diselenggarakan pada tahun 2021 ini.

Test center management.

Sebelumnya diselenggarakan 12 Desember 2020 lalu. Tahun lalu rata-rata jumlah peserta tes berbasis internet di Semarang Test Point sekitar 200 orang.

Namun kali ini melebihi 336 orang, di antaranya: HSK Level 1 36 orang, HSK Level 2 31 orang, HSK Level 3 80 orang, HSK Level 4 71 orang, 63 orang mengikuti ujian HSK Level 5, 18 orang mengikuti ujian HSK Level 6. Selain itu 14 orang peserta mengikuti YCT Level 1, 3 orang mengikuti YCT Level 2, 4 orang mengikuti YCT Level 3 serta 3  orang mengikuti HSKK basic, 11 orang mengikuti HSKK intermediate dan 3 orang mengikuti HSKK advanced.

Peserta ujian berasal dari Jakarta, Surabaya, Malang, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Sumbawa, Papua dan tempat lainnya.

Semarang Test Point memberikan kemudahan dan layanan berkualitas tinggi kepada para peserta ujian. Misalnya, peserta tidak perlu mendaftarkan diri secara online.

Mereka hanya perlu mengirimkan hasil scan dokumen, foto elektronik dan alamat email kepada pimpinan ujian HSK; calon peserta ujian tidak perlu mengunduh admission ticket, password and sertifikat sendiri. Penanggung jawab pendaftaran akan mengirimkannya kepada calon peserta ujian.

Selain itu, calon peserta ujian juga dapat berkonsultasi dan mendapatkan berita terbaru tentang ujian hsk online melalui whatsapp setiap saat.

Di test point lainnya, peserta ujian mungkin harus melakukannya sendiri. Karena banyak peserta ujian HSK online Indonesia yang belum mengetahui cara melakukannya sendiri secara online, maka Semarang Test Point banyak memberikan bimbingan dan bantuan. Termasuk bagaimana cara mendownload test client.

          Untuk memastikan setiap ujian HSK online (home) dapat terselenggara dengan lancar, maka Semarang Test Point akan mengadakan pelatihan pra-ujian dan simulasi ujian kepada para guru penguji.

          Pada Kamis (11/3) dari pukul 08.00 hingga 10.30 WIB, ketua pengawas menyelenggarakan sesi presentasi dan simulasi ujian kepada para calon peserta ujian berbagai tingkatan.

Pengawas akan memeriksa fasilitas ujian peserta, lingkungan tes,  admission ticket, dokumen, test client serta membimbing peserta ujian bagaimana log in ke Zoom and Client.

          Pada Sabtu (13/3) pagi sesi pertama ujian online (home) resmi dimulai.

Peserta ujian HSK Level 2, 4, 6, dan YCT Level 1, 2, 3 memasuki Zoom meeting room yang telah ditentukan. Sesi kedua dimulai pukul 12.00 siang.  

Peserta ujian HSK Level 1, 3, dan 5 memasuki Zoom meeting room yang ditentukan secara tertib. Mulai pukul 15.00 sore, peserta ujian HSKK basic, intermediate dan advanced memasuki Zoom meeting room yang telah ditentukan satu persatu.

Pukul 18.00 sore, ujian selesai dan para peserta ujian menyatakan terima kasih mereka kepada para pengawas di grup WA.

Peserta ujian dapat memeriksa hasil ujiannya di www.chinesetest.cn sepuluh hari setelah ujian. Demi kenyamanan peserta ujian, penanggung jawab tes bahasa Mandarin di Semarang Test Point akan mengeluarkan sertifikat satu per satu kepada peserta ujian.

Ujian HSK Online (Home) berikutnya akan diselenggarakan 24 April dan 5 Juni 2021 mendatang.

Calon peserta ujian dapat menghubungi Penanggung jawab ujian HSK Zheng Jinfang Bagi mereka yang ingin mendaftar dapat menghubungi WA 081215927300. idn/din

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp