Ubi Jalar Baik untuk Pencernaan Hingga Turunkan Kolestrol

JAKARTA(IM) — Ubi jalar kian menjadi asupan yang disukai di Amerika Serikat (AS). Setiap tahunnya, rata-rata orang Amerika mengonsumsi 7,5 pon ubi jalar setiap tahun pada 2015, naik dari hanya 4,2 pon pada tahun 2000.
Tidak hanya enak, ternyata ubi jalar juga menawarkan beragam manfaat. Konsumsi ubi jalar akan memberikan kondisi kesehatan lebih baik, seperti berikut, dilansir laman Eat This, Minggu (28/3).
Pencernaan membaik
Ingin memiliki perut yang lebih nyaman dan tidak terlalu buncit? Cobalah menambahkan ubi jalar ke dalam rutinitas rutin.
“Ubi jalar kaya serat dan dapat membantu mencegah sembelit,” kata ahli gizi, Travis Blanchard, RD, pendiri Splash Bytes.
Faktanya, menurut studi in vitro 2017 yang diterbitkan dalam Functional Foods in Health and Disease, konsumsi ubi jalar juga dikaitkan dengan peningkatan bakteri usus yang menguntungkan.
Kurangi risiko kram olahraga
Manfaat konsumsi ubi jalar bisa menghindari kram setelah latihan intensif. Alih-alih mencoba protein bar, pilih ubi jalar untuk mendapatkan kondisi lebih baik.
“Ubi jalar sama dengan kentang biasa, memiliki serat, antioksidan, dan jumlah kalium yang ditemukan di daging dan kulit kentang,” kata Meghan Sedivy, RD, LDN, a. ahli diet terdaftar di Fresh Thyme Market.
Ubi jalar mengandung dua kali jumlah kalium yang ditemukan dalam pisang. Kandungan ini juga dapat mengurangi risiko kram terkait kekurangan kalium.
Kesehatan penglihatan
Untuk melindungi kesehatan mata, ubi jalar bisa menjadi pilihan tepat. Warna oranye cerah ubi dikemas dengan Vitamin A dan Vitamin C untuk mendukung kesehatan penglihatan.
Menurut penelitian American Academy of Ophthalmology, beta-karoten yang ditemukan dalam makanan seperti ubi jalar dikaitkan dengan tingkat penurunan penglihatan yang lebih rendah di antara individu dengan retinis pigmentosa, yang dapat menyebabkan rabun senja dan kehilangan penglihatan
Dukung imunitas
Tidak hanya sangat tinggi vitamin A, ubi jalar juga tinggi vitamin C. Kedua vitamin ini bekerja di dalam tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan dan membantu melawan infeksi.
Megan Byrd, RD, pendiri The Oregon Dietitian, mengutip penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Reviews Immunology. Studi menunjukan bahawa kekurangan vitamin A telah dikaitkan dengan penurunan kekebalan, terutama dengan GI dan infeksi saluran pernapasan.
Turunkan kolesterol
Ubi jalar kaya serat, dan kandungan alami baik lainnya. Hal inilah yang membuatnya akan bermanfaay membantu menurunkan kolesterol LDL, menurut Diana Gariglio-Clelland, staf ahli diet di Next Luxury.
Kenyang lebih lama
Ubi jalar adalah sumber karbohidrat dan serat larut yang luar biasa. Rachel Fine, MS, RD, pemilik To The Pointe Nutrition mengatakan seray larut membantu memperlambat pencernaan, yang tidak hanya mendorong pelepasan insulin dan leptin secara stabil, tetapi juga lebih jauh mempromosikan ‘perasaan kenyang’ selama makan, sehingga membantu mengatur porsi secara alami.

Frans Gultom

Frans Gultom

Tulis Komentar

WhatsApp