International Media

Selasa, 4 Oktober 2022

Selasa, 4 Oktober 2022

Tugas Berat Atletico Hadapi City

Atletico Madrid kembali melawan Manchester City.

MADRID – Atletico Madrid melakoni  tugas berat saat menjamu Manchester City pada leg kedua babak perempatfinal Liga Champions, yang berlangsung di  Wanda Metropolitano, Kamis   (14/4)  mulai pukul 02.00 WIB.

Manchester City ibarat sudah melangkahkan satu kaki ke babak semifinal Liga. Pasalnya dalam leg pertama Rabu (6/4) di Stadion Etihad, The Citizens menang 1-0

Hanya saja, posisi City masih belum benar-benar aman. Jika tim asuhan Pep Guardiola kalah dengan selisih 2 gol, maka mereka akan tersingkir. Jika skor hanya 1 gol, perpanjangan waktu akan dilakukan.

Terlebih, Atletico punya catatan istimewa tiap kali bermain di kandang sendiri. Pasukan Diego Simeone selalu menang dalam 3 laga home terakhirnya.

Hanya sayang, Atletico mendapat hukuman dari UEFA jelang laga ini. Mereka tak boleh mengisi penuh stadion akibat ulah suporter sepekan sebelumnya.

Dilaporkan Reuters dan The Guardian, sanksi ini disebabkan suporter Atletico yang tertangkap kamera melakukan salam Nazi pada leg pertama. Pada laga itu,

Atas perbuatan itu, Atletico harus menutup tribune Wanda Metropolitano setidaknya sebanyak 5.000 kursi dalam laga melawan Man City. Mereka juga harus menampilkan spanduk bertuliskan ‘No To Racism’, lengkap dengan logo UEFA.

“Memerintahkan penutupan sebagian stadion Atletico Madrid dalam laga kandang berikutnya di kompetisi UEFA atas perilaku diskriminatif para suporternya. Atletico Madrid juga harus memberitahu sebelum laga sektor mana yang akan ditutup, yang setidaknya harus mencakup 5.000 kursi untuk suporter,” bunyi pernyataan resmi UEFA.

Lalu pertanyaannya apakah Atletico masih menerapkan pola bertahan dengan skema 5 5 0 seperti pada leg pertama?

Sebagaimana diketahui, kemenangan City di leg pertama diraih City bukan tanpa perjuangan. Atletico sebagai tim tamu saat itu nyaris bertahan total. Statistik merangkum Manchester City memegang 71 persen penguasaan bola dan melakukan tembakan percobaan sebanyak 15 kali. Sementara itu, kubu Atletico saat itu sama sekali tidak menyentuh gawang tuan rumah The Citizens.

Pep Guardiola bahkan sempat  kesel sebab gagal menembus pertahanan berlapis Atletico hingga pertengahan babak kedua. “Tidak ada ruang. Ini masalah kesabaran, saya memberitahu pemain di babak pertama bahwa kami bertindak benar, dan permainan pecah di paruh kedua. Saya rasa, laga bakal serupa di Madrid (Atletico tetap bertahan total). Kami akan memnberikan segalanya untuk meraih kemenangan,” kata Guardiola dalam wawancara usai laga, dilansir Marca.

Diego Simeone sendiri enggan menyerah. Menurutnya, harus ada pendekatan yang sedikit lebih baik dibanding sebelumnya. Di sisi lain, pelatih asal Argentina itu juga menyadari sulitnya menghadapi Manchester City di bawah asuhan Guardiola. Ia bahkan menyebut City sebagai tim terbaik di dunia.

“Ini duel yang panjang, dibagi menjadi dua pertandingan di Etihad (90) dan di kendang (90).  Belum ada yang tersingkir. Kami akan melakukan sesuatu di leg kedua, sejauh yang kami bisa. Kami akan main dengan cara kami, yang jelas kami butuh kemenangan dan lolos ke semifinal,” ujar Simeone di Marca..

Skuad kedua tim tidak memiliki masalah  berarti jelang laga kedua ini. Hampir semua pemain dalam kondisi sipa tempur, baik dari kubu Atletico maupun Manchester City. Kubu tuan rumah hanya akan kehilangan 1 pemain yakni Hector Herrera yang masih belum pulih dari cedera. Jose Gimenez juga mengalami masalah saat bertanding melawan Mallorca di ajang LaLiga tetapi kondisinya masih akan dipantau hingga menjelang kick-off.

Tapi Atletico masih memiliki Antoine Griezmann dan Joao Felix. Patut ditunggu apakah Simeone menurunkan Luis Suarez atau mencadangkannya.

Di kubu seberang, Manchester City hanya akan kehilangan Ruben Dias, yang masih cedera. Gelandang serang Cole Palmer juga dipastikan absen karena cedera. Selain 2 pemain tersebut, semua pemain City tersedia dalam lawatan ke Madrid pekan ini.

Kevin De Buyne,  Kyle Walker, Jack Grealish, Riyad Mahrez, Ilkay Gundogan, Gabriel Jesus siap memberikan  yang terbaik untuk City.***

Vitus DP

Komentar