Tuesday, 05 March 2024

Search

Tuesday, 05 March 2024

Search

Tradisi Bersih – bersih Kimsin Dewa di TITD Kelenteng Kwan Sing Bio Semarang Jelang Imlek  

Pengurus Yayasan Tri Setia Bakti Semarang dan umat berfoto bersama.

SEMARANG—Jelang perayaan tahun baru Imlek 2575, pengurus Yayasan Tri Setia Bakti  beserta puluhan umat  di T.I.T.D Kelenteng Kwan Sing Bio Jl.Tanggul Mas Raya No.9, Tanah Mas kota Semarang, Jawa Tengah  mengadakan tradisi bersih bersih rupang Dewa (Kimsin) pada Sabtu (3/2) pagi.

Sebelum diadakan tradisi  bersih – bersih, umat yang hadir  berkumpul di depan altar dewa tuan rumah yaitu YM.Namo Cia Lan Phu Sa  untuk bersembahyang (doa bersama) atas kelancaran acara dengan di pimpin oleh Suhu Prajito Tjhia.

Setelah itu sembahyang selesai, pengurus menurunkan rupang – rupang Dewa termasuk Kimsin Dewa tuan rumah yaitu YM.Namo  Cia Lan Phu Sa.

Suhu Prajito Tjhia (paling kanan) memimpin tradisi Bersih – bersih Kimsin Dewa di Kelenteng Kwan Sing Bio Semarang.

Selain kimsin/rupang Dewa , beberapa  umat tampak sibuk membersihkan perabot sembahyang lainnya.

Selain Ketua Dewan Pembina Yayasan Tri Setia Bakti  Suhu Prajito Tjhia, hadir  juga dalam kegiatan tersebut  anggota Dewan Pembina Yayasan Anton Budiman, Sunyata  dan Sekretaris Yayasan Tri Setia Bakti  Surian Sutrisna.

Suhu Prajito Tjhia menjelaskan sepekan menjelang Tahun Baru Imlek, pihaknya beserta umat Kelenteng Kwan Sing Bio mengadakan ritual mengaantar Dewa naik  dan di lanjut dengan  tradisi bersih bersih Kelenteng maupun rupang/kimsin Dewa nya.

“Kami juga doakan agar Pemilu 2024 – Pemilihan  Calon Presiden maupun Wakil nya beserta Calon wakil  rakyat (Caleg)  yang sebentar lagi tiba bisa berjalan dangan aman, lancar , tertib, jujur, adil  dan sukses”, ujar Suhu Prajito Tjhia.

Salah seorang umat dari Tangerang  Huang Wei Long  mengatakan bahwa dia beserta putranya selalu ikut  dalam kegiatan bersih bersih Kelenteng sebelum datangnya Sincia (Tahun baru Imlek).

“Harapannya di Tahun Naga  nanti, dalam setahun ke depan saya dan keluarga bisa  mendapatkan  perlindungan  keselamatan, hoki dan rejeki lancar serta berkah dari Kongco,” ujarnya. tri

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media