International Media

Jumat, 30 September 2022

Jumat, 30 September 2022

Tottenham Hotspur Tenggelamkan Leicester

Son Heung-min saat melesatkan gol ke gawang Leicester City.

LONDON – Tottenham Hotspur berpesta gol saat menjamu Leicester City dengan menang 6-2.  Bermain di Tottenham Hotspur Stadium pada laga pekan ke-7 Liga Inggris, Sabtu (17/9) malam WIB,  tuan rumah tertinggal lebih dulu dari penalti Youri Tielemans ketika laga baru berjalan enam menit.

Kiper Hugo Lloris menangkis tendangan penalti Youri Tielemans, tetapi VAR menunjukkan penjaga gawang Tottenham sudah keluar dari garis gawang sebelum tendangan sehingga penalti diulang. Gelandang Belgia itu kali ini tak membuat kesalahan untuk menjebol gawang Spurs.

Namun Tottenham bisa balik memimpin lewat gol Harry Kane pada menit ke-8 dan Eric Dier di menit ke-21.  Bagi Kane, ia kini sudah menyarangkan 20 gol ke gawang The Foxes. The Foxes bisa memaksakan babak pertama berakhir imbang 2-2 dari gol James Maddison pada menit ke-41.

Pada babak kedua, gol Rodrigo Bentancur pada menit ke-47 membawa Tottenham kembali unggul.  Son Heung-min lalu bikin hat-trick usai mencetak gol di menit ke-73, 84 dan 86 untuk menutup laga dengan kemenangan 6-2 bagi Tottenham.

Son yang berstatus sebagai top skor Liga Inggris musim lalu itu sempat gagal mencetak gol di enam pekan awal.  Ia pun mengaku begitu bahagia akhirnya bisa mencetak gol. Apalagi, rentetan golnya ini krusial untuk membantu The Lilywhites mengamankan kemenangan.

Saking bahagianya, sayap 30 tahun ini sempat bingung untuk mengekespresikannya kala bikin gol perdana ke gawang Si Rubah. Ia mengatakan hat-trick sangat penting untuknya bisa keluar dari situasi sulit di awal musim.

“Saya tidak percaya (ketika mencetak gol). Semua frustrasi dan apa yang saya miliki, kekecewaan dan perasaan negatif hilang begitu saja. Saya tidak bisa bergerak jadi saya berdiri diam. Itu membuat saya sangat bahagia,” ujar Son dikutip dari BBC.

Son Heung-min mengatakan hat-tricknya ke gawang Leicester City sangat bermakna. Torehan tersebut mengakhiri paceklik golnya di awal musim ini.

“Sepak bola adalah sesuatu yang gila. Terkadang bola tidak ingin masuk dan saya mencetak tiga gol (itu terjadi hari ini). Itu mengubah segalanya. Saya belajar banyak di periode sulit ini. Saya harus bekerja keras setiap saat untuk mendapatkan kesempatan. Saya sangat beruntung bisa mencetak tiga gol dan sangat bangga,” jelasnya.

Pemain Korea Selatan ini masuk di menit ke-59 menggantikan Richarlison.  Antonio Conte menjelaskan alasan mengapa Son tidak menjadi starter. “Kami harus merotasi pemain karena memainkan semua pemain yang sama dalam semua pertandingan itu tidak baik,”

Conte memberikan instruksinya ke Son dan  sempat bercanda minta tiga gol dari Son. “Saya sangat senang untuk Sonny hari ini, Anda tahu pendapat saya soal pemain ini. Saya bilang kepadanya kalau kamu mencetak tiga gol dalam 30 menit ‘mungkin kita bisa ulangi eksperimen ini’, tapi saya bercanda. Saya beruntung, saya punya sekelompok pemain yang sangat bagus, yang juga orang-orang baik. Kami harus mulai berpikir dengan cara berbeda kalau kami ingin mengambil langkah selanjutnya,” ujar Conte kepada Sky Sports.

Dikutip dari BBC Sport, Conte tercatat sudah pernah menghadapi Leicester City Sembilan kali selama karier kepelatihannya. Conte mendapatkan pengalaman tersebut bersama dua tim berbeda, yakni Chelsea (6 kali) dan Tottenham (3). Rekor Conte menghadapi Leicester terbilang fantastis karena berhasil meraih delapan kemenangan dan sekali imbang.

Statistik itulah yang membuat Conte layak disebut pawang rubah sesuai julukan Leicester City, The Foxes. Musim lalu, Conte berhasil mengantar Tottenham mengalahkan Leicester pada laga kandang maupun tandang Liga Inggris. Agregat kemenangan Tottenham atas Leicester City musim lalu adalah 6-3. Sebaliknya kekalahan keenam berturut-turut Leicester membuat pelatih Brendan Rodgers semakin tertekan.

“Ini awal yang sangat sulit. Sudah menjadi tanggung jawab saya. Apa pun yang terjadi pada saya di Leicester, entah saya bertahan atau tidak, saya akan selalu menghormatinya,” kata Rodgers.

Vitus DP

Komentar

Baca juga