Saturday, 13 July 2024

Search

Saturday, 13 July 2024

Search

Tol Becakayu Bakal Dibuka Full, Bekasi-Jakarta Hemat 30 Menit

Jalan Tol


JAKARTA- Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) sebentar lagi akan terhubung hingga ke Marga Jaya. Kementerian PUPR sudah memberikan izin untuk operasi tol seksi 2A dan 2A Ujung yang menghubungkan Jakasampurna ke Marga Jaya.
Direktur Utama KKDM, Aris Mujiono menyampaikan waktu tempuh perjalanan masyarakat akan makin singkat dengan jalan tol ini. Setidaknya dari Jakarta Timur ke Bekasi cuma butuh waktu 30 menit saja.
“Waktu perjalanan dari Jakarta Timur menuju Bekasi dan sebaliknya yang sebelumnya bisa satu jam bahkan lebih, sekarang dapat ditempuh dalam 20-30 menit saja, sehingga hemat waktu hingga 30 menit. Ini dampak positifnya besar sekali untuk masyarakat, terutama bagi masyarakat yang melakukan commuter dari Bekasi,” ujar Aris dalam keterangannya, Kamis (9/2).
Selain itu dengan adanya koneksi jalan tol Becakayu dengan jalan tol Wiyoto-Wiyono, diharapkan dapat mengurai kepadatan lalu lintas dari arah Tanjung Priok menuju Bekasi dan sebaliknya.
Dengan beroperasinya dua seksi tadi, Jalan Tol Becakayu akan resmi menyambungkan wilayah Bekasi hingga Kampung Melayu sepanjang 16,78 km.
Guna meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan, KKDM telah melaksanakan sejumlah kegiatan perbaikan dan pemeliharaan sebagai bagian dari persiapan pengoperasian.
“Kegiatan yang dilakukan antara lain perbaikan marka jalan, perbaikan dan pembersihan concrete barrier serta melakukan upaya penghijauan di sekitaran Jalan Tol Becakayu,” papar Aris.
Sebelumnya, Ruas Jakasampurna – Marga Jaya sempat dioperasikan secara fungsional sebagai uji coba pada periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang berlangsung sejak 23 Desember 2022 – 3 Januari 2023. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media