International Media

Selasa, 29 November 2022

Selasa, 29 November 2022

Tinjau Command Center, Kapolda Metro: Respon Cepat Laporan  Masyarakat

JAKARTA-Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran didampingi Wakapolda Brigjen Pol. Hendro Pandowo meninjau Command Center lantai 3 Gedung Biro Ops Polda Metro Jaya, Selasa (25/10).

Disela kunjungannya, Fadil memberikan pengarahan kepada jajarannya guna menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia beberapa hari lalu, agar terlaksananya tindakan dan program konkrit di jajaran Polda Metro Jaya.

“Di era sekarang ini adalah era kemajuan teknologi, dimana masyarakat saat ini sudah sedemikian pesat perkembangannya. Harapan masyarakat saat ini ingin polisi segera hadir di tengah-tengah masyarakat,” ujar mantan Kapolda Jatim tersebut.

Menurutnya, ada kecenderungan masyarakat untuk melapor setiap peristiwa melalui media sosial (Medsos). Contohnya memberikan informasi kemacetan, tawuran, peredaran gelap narkotika, premanisme dan informasi pelaku Curanmor hingga persoalan-persoalan kecil seperti jalan berlubang dan sebagainya.

“Jadi masyarakat sekarang itu apabila ada kejadian berharap harus ada respon cepat dari Kepolisian, maka yang diperlukan sekarang adalah sensitifitas dan kepekaan personel. Namun saat ini respons kita masih dianggap lambat oleh masyarakat,” terangnya.

Untuk itu ia berharap, agar keberadaan command Center di Polres Jajaran benar-benar optimal dan terintegrasi dengan Satker atau unit pelaksana di lapangan.

“kita punya Tim Patroli Perintis Presisi, Patroli kota, patroli lalu-lintas, dan kita juga punya Bhabinkamtibmas. Apabila semua diefektifkan bisa terwujud sesuai harapan masyarakat,” bebernya.

“Fenomena yang mengganggu Kamtibmas masyarakat, agar dapat segera ditangani secara responsif sesuai dengan prosedur maupun SOP dan jangan ragu-ragu Ini adalah tantangan buat kita semua,” lanjutnya.

Ia menambahkan, agar tersedianya data yang holistik mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengarsipan.

“Tanpa data, informasi tidak bisa tercipta dan tanpa informasi, data menjadi tidak berguna. Oleh karena itu, Roops sangat dibutuhkan untuk mengolah dan menyajikan data,” tutupnya

Frans Gultom

Komentar