International Media

Jumat, 30 September 2022

Jumat, 30 September 2022

Tingkatkan Literasi Keuangan Masyarakat, Bank Neo Commerce Kampanye #BuatSemua

Talkshow Peluncuran Kampanye #BuatSemua.

JAKARTA—Tingkat inklusi keuangan di Indonesia memang sudah dibilang membaik, namun hal ini belum diimbangi dengan literasi keuangan atau melek keuangan masyarakat Indonesia yang terbilang masih menjadi masalah utama.

          Berdasarkan penelusuran yang dilakukan PT Bank Neo Commerce Tbk. (BNC)  atas berbagai respon pengguna perbankan dalam berbagai interaksi langsung, in-depth interview hingga sosial media terlihat bahwa persoalan literasi keuangan masihlah menjadi masalah utama di berbagai kalangan masyarakat.

          Vice President & Head of Marketing BNC Maritsen Darvita menjelaskan bahwa tingkat literasi terhadap berbagai produk keuangan dan perbankan memang menjadi masalah utama di masyarakat Indonesia.

Menurutnya tingkat literasi keuangan sangatlah bergantung pada tingkat pendidikan, pendapatan, hingga wilayah demografi yang ada di negara kita.

Melihat hal ini, BNC meluncurkan Kampanye #BuatSemua sebagai kampanye pemasaran perdananya di tahun 2022 ini.

Melalui kampanye ini berusaha meningkatkan kesadaran publik bahwa financial literacy gap masih cukup besar di tengah masyarakat dan masih menjadi akar masalah dari besarnya angka underbanked (47 juta orang) dan unbanked (92 juta orang) di Indonesia.

“Kampanye ini lahir dari besarnya gap antara kebutuhan finansial dan literasi keuangan di masyarakat. Saat in-depth interview dengan masyarakat Papua, kami menemukan fakta rendahnya angka kepemilikan rekening di Papua salah satunya disebabkan oleh rasa segan masyarakat pada saat mengunjungi kantor cabang bank. Selain itu, tingkat kepemilikan kartu identitas sebagai syarat pelayanan dan keterbatasan mesin ATM juga menjadi faktor lainnya,” jelas Maritsen, dalam acara Peluncuran Kampanye #BuatSemua, di Markas Comika, Jakarta Selatan, Senin (11/4) sore.

BNC, sambungnya, memberikan solusi dari berbagai permasalahan perbankan dan finansial yang masih dialami oleh berbagai kalangan masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya.

Lewat tema “Business dan Fun”, BNC menjadikan kampanye #BuatSemua sebagai tawaran menarik yang berisikan produk perbankan yang berfitur lengkap hanya dalam satu aplikasi yang mudah digunakan.

Solusi Bagi Nasabah Baru

          Melihat urgensi yang ada di masyarakat tersebut, BNC lewat kampanye #BuatSemua berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat bahwa neobank merupakan super-app yang mudah digunakan oleh semua kalangan.

Aplikasi tersebut menjawab kebutuhan perbaikan literasi keuangan untuk semua kebutuhan dengan memangkas berbagai keresahan masyarakat ketika mengakses aplikasi perbankan yang sering dirasa tidak user-friendly.

Bank Neo Commerce mendobrak hambatan akses perbankan yang selama ini ada dengan menyediakan aplikasi yang mudah digunakan.

          “BNC melayani, memberikan jawaban, keleluasaan dan kenyamanan atas semua kebutuhan masyarakat. Sebagai bank digital yang inovatif, kami sadar untuk mencapai pelayanan yang prima di era modern ini diperlukan banyaknya terobosan dan keberanian. Harapan kami, produk dan layanan BNC akan menjadi yang paling inovatif dan terbaik di kelasnya. Sehingga mampu menawarkan banyak pilihan yang luas dan fleksibel bagi nasabah,” terang Maritsen.

          Pada kesempatan ini, BNC juga memperkenalkan fitur tambahan yang bermanfaat dan praktis bagi para nasabahnya.

Salah satu unggulannya adalah Neo Angpao atau THR Neo. Fitur ini memberikan kemudahan bagi nasabah untuk berbagi keceriaan dengan orang-orang tersayang hanya dengan satu sentuhan.

          Selain Neo Angpao atau THR Neo, BNC juga sudah memiliki fitur digital interface lainnya yang sangat bermanfaat seperti Free transfer, PPOB, Neo NOW, Neo WOW.

Bukan cuma itu, BNC juga menawarkan fitur gamification seperti Neo Fortune, Neo World, Neo Chat.

Manfaat utamanya, nasabah dapat mengakses layanan keuangan dengan jauh lebih mudah dan menyenangkan dengan tampilan yang fresh.

          Pada kesempatan yang sama, Presiden komunitas Standup Comedy Indonesia Adjis Doaibu yang hadir  di peluncuran kampanye #BuatSemua mengamini soal literasi keuangan yang masih rendah di masyarakat.  

Butuh Layanan Perbankan Digital

Menurut Komika yang menjabat Presiden Komunitas Stand Up Indo ini, dirinya serta banyak rekan seprofesi merasakan tentang makin butuhnya mereka atas layanan perbankan digital yang mudah dan menjawab berbagai kebutuhan keuangan yang makin kompleks saat ini.

          “Dari zaman dulu sampai sekarang ini, urusan bank selalu menjadi perkara yang rumit. Kombinasi kesibukan kerjaan plus kebutuhan layanan bank yang lengkap dan cepat membuat neobank jadi solusi pasti buat kita ini. Layanan bank digital yang mudah, menguntungkan, dan fleksibel membuat neobank jadi favorit untuk kebutuhan perbankan kami,” kata Adjis.

          Dia pun berharap upaya memperbaiki literasi keuangan ini dijadikan perkara bersama semua kalangan. Menurutnya, di era modern ini bank digital akan memimpin pelayanan perbankan kepada masyarakat luas.

Tidak perlu datang dan antre di kantor bank, serta pelayanan online yang mudah diakses dan dipahami semua kalangan adalah keunggulan bank digital.

          Kembali Maritsen menjelaskan, dalam aplikasi perbankan neobank terdapat begitu banyak fitur yang lengkap. Dengan adanya kemudahan yang BNC berikan ini membuat masyarakat merasakan secara langsung definisi bank digital yang sesungguhnya. ***

Sukris Priatmo

Komentar

Baca juga