International Media

Jumat, 30 September 2022

Jumat, 30 September 2022

Timnas Indonesia Lolos ke Uzbekistan

Timnas Indonesia U-20 saat mengalahkan Vietnam.

SURABAYA– Timnas Indonesia U-20 sukses mengalahkan Vietnam dan meraih tiket ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.  Kedua tim memang bersaing merebutkan tiket pada matchday terakhir Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (Minggu (18/9) malam WIB.

Gol baru ada di babak kedua setelah Indonesia memimpin 1-0 duluan. Marselino Ferdinan selaku pemain yang masuk di awal paruh kedua merobek gawang Vietnam di menit ke-60.

Namun Vietnam kemudian menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-66 lewat bunuh diri Muhammad Ferrari. Gol itu membuat Shin Tae-yong melakukan perubahan tiga pemain di menit ke-77 dengan memainkan Alfriyanto Nico Saputro, Rahmat Beri Santoso dan Rabbani Tasnim Siddiq.

Serangan Indonesia lebih meningkat setelah ketiga pemain itu masuk, namun malah dibobol Dinh Xuan Tien lewat skema serangan balik pada menit ke-79. Vietnam pun balik memimpin 1-2.

Ferrari akhirnya bayar kesalahan dengan menyeimbangkan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-82. Gol Rabbani Tasnim lima menit sebelum waktu normal habis memastikan Indonesia menang 3-2.

“Starting awal sangat bekerja keras sampai fisik menurun di babak kedua. Sebagai pelatih saya merasakan itu dan karena itu mengganti tiga pemain. Marselino sebelum gabung ke timnas belum pulih total karena main terus di liga. Hal itu yang menjadi alasan kenapa  hanya main 45 menit saja. Saya juga sudah bilang dia sebelumnya tidak main di babak pertama,” kata Shin Tae-yong.

Hasil ini membuat Indonesia keluar sebagai juara Grup F dengan sembilan poin. Garuda Nusantara pun lolos ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Vietnam pada akhirnya meraih tiket ke Piala Asia U-20 2023, sebagai  runner-up terbaik.***

Vitus DP

Komentar

Baca juga